Mau Badan Berisi Alami? Ikuti Cara-Cara Ini!

Kesehatan, koranmemo.com-Tubuh kurus memang menjadi impian setiap orang, baik wanita maupun pria.  Namun, tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik karena bakal membuat penampilan terlihat  tidak sehat. Makanya, jangan keburu mencibir kalau  mendengar ada orang kurus yang ingin menambah berat badannya.  Karena, ada kalanya orang yang terlalu kurus pun merasa tidak percaya diri dengan penampilannya.  Yang paling baik adalah memiliki badan langsing namun tetap berisi sehingga terlihat segar dan sehat.

Untuk menaikkan berat badan, tidak semudah kelihatannya.  Bahkan ada kalanya lebih sulit daripada menurunkan berat badan.  Apalagi yang memang dari sananya sudah kurus.  Mau makan banyak tapi tidak bergizi malah justru jatuh sakit dan tambah kurus lagi.  Oleh karena itu, di sini kami menyajikan beberapa cara agar badan berisi secara alami dan tidak membuat tubuh tersiksa.

  1. Menambah kuantitas makan sehari-hari

Menambah porsi makan adalah hal mutlak yang harus dilakukan bagi seseorang yang ingin badannya lebih berisi.  Tidak perlu langsung makan banyak, namun ditambah secara bertahap.  Dan yang terpenting adalah, mulai biasakan untuk makan tepat waktu.  Mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam.  Lebih baik lagi jika di sela-sela waktu makan, diselingi dengan menyantap kudapan ringan namun bergizi.

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Makan banyak saja tidak akan cukup untuk membuat badan menjadi berisi.  Selain menambah porsi makan cara  membuat badan berisi secara alami adalah dengan mengkonsumsi gizi seimbang.  Terutama karbohidrat dan protein, baik itu protein nabati maupun protein hewani.  Dengan mengkonsumsi karbohidrat, jika Anda beraktivitas, maka tubuh akan membakar karbohidrat, bukan lemaknya. Hal itu yang akan membuat Anda tetap berisi meskipun padat aktivitas.

  1. Jangan biasakan minum sebelum atau di tengah-tengah makan

Mengapa?  Air minum akan membuat lambung cepat penuh, sehingga mengurangi nafsu makan.  Bagi yang ingin diet, memang dianjurkan untuk minum sebelum makan.  Namun bagi yang ingin lebih berisi, sebaiknya hindari minum sampai makanan di piring Anda benar-benar habis.

  1. Makanan harus dikunyah sampai benar-benar halus

Ada dua alasan.  Pertama, makanan yang halus akan lebih mudah  masuk lewat tenggorokan sehingga Anda tidak mudah merasa haus.  Jadi Anda tidak akan minum di tengah-tengah makan.  Kedua, makanan yang sudah halus akan lebih mudah dicerna oleh pencernaan dan gizinya bisa langsung diserap oleh tubuh.  Gizi-gizi dalam makanan inilah yang membantu tubuh menjadi cepat berisi.

  1. Rajin minum susu dan air putih

Susu mengandung banyak protein dan mineral yang bisa membantu menaikkan berat badan.  Sementara air putih akan membantu tubuh membersihkan racun, sehingga tubuh akan lebih mudah mencerna dan menyerap sari-sari makanan yang kita konsumsi.

  1. Makan makanan pedas

Kalau sudah biasa makan dengan porsi sedikit, maka pasti akan susah jika tiba-tiba harus menambah porsi makan.  Nah, mungkin makanan pedas bisa membantu meningkatkan nafsu makan Anda.  Penelitian membuktikan, makanan pedas bisa merangsang otak untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak lagi.  Bagi yang tidak bisa makan pedas, ketika merasa kepedasan, otak akan merangsang Anda untuk memakan makanan yang bisa menangkal pedas tersebut.  Denan demikian, porsi makan Anda secara otomatis juga akan bertambah bukan?

  1. Membiasakan makan makanan penutup

Makanlah makanan penutup yang bisa menggugah selera Anda.  Seperti misalnya puding dengan rasa yang Anda suka, atau buah-buahan yang paling Anda gemari.  Mengkonsumsi makanan penutup sama dengan menambah porsi makan.  Menambah porsi makan sama dengan salah satu cara agar badan berisi.

  1. Menghindari rokok

Sama seperti kafein, kandungan dalam rokok pun juga bisa membuat nafsu makan seseorang berkurang.  Makanya, kalau tidak mau badannya kurus kering, sebaiknya hindari kebiasaan merokok mulai dari sekarang.  Selain membuat tidak nafsu makan, merokok juga buruk bagi kesehatan jantung dan paru-paru Anda sendiri.

  1. Biasakan Berolahraga Dengan Rutin

Olahraga bukan hanya kewajiban bagi mereka yang ingin kurus atau tengah berdiet.  Olahraga juga perlu untuk menambah massa otot.  Tidak perlu lama-lama, cukup 1 jam setiap kali olahraga, 4 kali dalam seminggu.  Lihat saja, dalam waktu 2 bulan hasilnya pasti akan terlihat.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membuat Anda terhindar dari stress dan kelelahan fisik yang bisa membakar kalori dalam tubuh Anda berlebihan.  Apalagi jika Anda terlalu lelah, maka otak Anda akan menolak melakukan semua kegiatan, bahkan makan pun juga akan terlalu malas.  Selain itu, jangan biasakan diri Anda untuk begadang ya.

Itu tadi adalah 10 cara agar badan berisi secara alami.  Badan yang ideal memang tidak bisa diperoleh secara instan, karena itu mari mencobauntuk mengikuti cara-cara di atas, agar badan segar dan sehat sampai tua.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date