Masalah Tower di Gadungan, Warga Tunggu Kepastian

Kediri, koranmemo.com – Setelah melakukan mediasi dengan Kepala Desa, Pemerintah Desa, dan Sekretaris Desa di Balai Desa Gadungan Kecamatan Puncu pada, Selasa (12/1) kemarin, warga terdampak keberadaan tower di Dusun Gadungan Barat Desa Gadungan berharap ada penjelasan. Mereka menuntut karena sejak berdirinya tower sampai saat ini masih belum mendapatkan dana kompensasi.

Antok warga setempat mengatakan, sebelumnya warga mendatangi petugas tower saat bekerja hampir selesai, namun hal itu bukan pengusiran dan  bukan untuk menghambat pekerjaannya. Warga hanya ingin tahu tentang penjelasan jika masalah tower sudah beres maka bisa bekerja lagi karena tower itu masih bermasalah dengan warga. Selain itu sampai saat ini belum ada kejelasan dan hanya mediasi dengan desa karena selama 3 kali pertemuan masih belum mendapatkan hasil.

“Sebanyak 43 rumah warga disini minta dana kompensasi Rp 4 juta per tahun bagi yang terdampak dan berharap kepada pihak terkait jika sudah tahu maka bisa ditanggapi karena tower ini sangat diawasi warga dan sangat berbahaya,” ujarnya kepada Koranmemo.com, Rabu (13/1)

Terpisah Sucipto pemilik lahan menjelaskan, jika masalah kompensasi warga, dia hanya terserah atasan, karena saat awal kontrak ia sudah mengumpulkan warga, tapi misal kontrak kedua tidak perlu mengumpulkan para warga, namun hanya pemilik lahan yang tanda tangan. Selain itu dia membenarkan kalau sudah melakukan perpanjang kontrak seharusnya berakhir bulan Oktober 2020. Meski demikian,  pihak perusahaan pada awal bulan Maret 2020 melakukan perpanjangan  lebih awal.

Baca Juga: Menipu Seorang Wanita, Polisi Gadungan Warga Kandat Diringkus

Baca Juga: Tiga Kali Langgar Aturan Saat PPKM, Sejumlah Kafe di Kota Kediri Akan Ditutup

“Untuk nilai harga bersifat rahasia, namun yang berhak mengetahui hanya pemilik lahan dan perusahaan,” katanya.

Sebelumnya perwakilan warga melakukan mediasi berupa tuntutan di Balai Desa Gadungan untuk meminta penjelasan dan memberikan solusi terkait perpanjangan tower dan dana kompensasi yang belum didapatkan oleh warga. Namun jika nanti tidak ada penjelasan warga mengancam tower tersebut akan dirobohkan. Selain itu  pihak Desa akan memberikan fasilitas dengan mengirim surat ke pemilik tower terkait dana kompensasi yang diinginkan warga.

Reporter: Rizky Rusdiyanto

Editor Achmad Saichu