Masa Perbaikan, Banyak Parpol Ganti Bacaleg

Kediri, koranmemo.com – Masa perbaikan bakal calon legistalif (Bacaleg) dimanfaatkan oleh partai – partai untuk mengganti bakal calon legislatif (bacaleg) untuk memaksimalkan potensi demi meraup suara. Hari terakhir masa perbaikan, partai berlambang ka’bah ini mengganti dua bakal calon legislatif (bacaleg), pergantian ini memang diperbolehkan oleh KPU sesuai dengan Keputusan KPU nomor 961 tahun 2018.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri Divisi Teknis, Pusporini Endah Palupi mengatakan, semua partai politik sudah menyerahkan dokumen perbaikan bacaleg di hari terkahir. Dokumen yang masih itu masih akan diverifikasi hari ini sehingga akan diketahui dokumen bacaleg yang masih belum memenuhi syarat.

“Masa perbaikan hanya sekali, setelah ini tidak bisa. Artinya bacaleg akan dicoret. Namun sampai hari ini semuanya terlihat melengkapi dokumen,” katanya, Selasa (31/7)

Dari masa perbaikan itu, lima partai politik melakukan pergantian bacaleg. Partai Nasdem 3 bacaleg, Partai PPP 2 bacaleg, Partai Gerindra, Partai PKB, dan Partai Hanura masing – masing satu bacaleg yang sudah mereka daftarkan di awal kemarin. Dikatakan, pergantian itu dilakukan karena bacaleg yang bersangkutan tidak bersedia melengkapi dokumen.

“Ada lima partai yang mengganti bacaleg. Seperti keputusan KPU yang baru kemarin memang pergantian bacaleg diperbolehkan bagi bacaleg yang belum memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Terpisah, Ketua DPC PPP Kota Kediri Ahmad Zaid Badrudin mengatakan, pergantian itu dilakukan untuk mengisi kekosongan di partainya. Pasalnya bacaleg yang sudah diajukan tidak melakukan perbaikan berpotensi untuk dicoret sebagai bacaleg oleh KPU. “Karena tidak memenuhi, daripada kosong maka itu harus kita isi dengan bacaleg lain yang bersedia dan siap,” katanya saat dihubungi Koran Memo.

Tiga bacaleg yang diganti dari Partai Nasdem yang diganti pertama Lilis Puriningtyas dari dapil 1 diganti Alfiati, Hastoro dari dapil 3 diganti Mohammad Rustamaji, dan Ivantoro dari Dapil 3 diganti Adi Wijaya. Dari PPP, Reni dapil 2 diganti Tyas Rosediyana, dan Moh. Gozali diganti Riki Martin untuk mengisi dapil 3.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date