Masa Pandemi, Pemkot Malang Lakukan Penyesuaian RPJMD

Malang, koranmemo.com – Keberlangsungan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat Pemerintah Kota Malang melakukan penyesuaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Salah satunya dengan merubah nomenklatur yang ada di dalam RPJMD 2018-2023 untuk menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Perubahan RPJMD tahun 2018-2023, pertama berkaitan dengan ketentuan peraturan yang ada mengalami perubahan. Kedua, beberapa nomenklatur, program baik perencanaan pembangunan maupun sistem keuangan. Ketiga, kondisi pandemi yang berdampak luas terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat,” ujar Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Wali Kota Malang.

Menurutnya, perubahan tersebut dilakukan demi menyelaraskan program baik ditingkat Provinsi maupun Nasional. Untuk itu pihaknya menjadikan hal tersebut sebagai dasar dalam pembahasan perubahan RPJMD di forum konsultasi publik yang digelar di Hotel Savana Malang.

“Itu menjadi sangat penting karena kondisi pandemi diluar prediksi kita yang belum kita ketahui kapan berakhirnya. Maka 2021 sampai 2023 akan mengalami penyesuaian berkaitan RPJMD itu,” tambahnya.

Dia menambahkan, RPJMD Kota Malang akan ditata ulang agar rencana pembangunan Kota Malang kedepan berjalan dengan baik. “Jadi RPJMD ini disusun pada saat semua normal, tapi sekarang harus melakukan langkah langkah supaya rencana pembangunan kita lebih rasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Dwi Rahayu menuturkan perubahan RPJMD hanya untuk program di perangkat daerah saja. Penerapan target kinerja masing masing perangkat daerah juga akan menyesuaikan dalam kondisi pandemi.

“Misalnya kalau dulu targetnya kurang, berarti sekarang harus bisa terlampaui. Tapi kalau dulu sudah ada yang mencapai target dan sekarang kesulitan karena pandemi, maka tidak ada salahnya untuk disesuaikan,” tuturnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya