Mas Ipin Ngamen, Galang Dana Untuk Bhakti Bumi

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Cara unik di tunjukkan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin untuk mengajak masyarakat agar ikut menjaga kelestarian alam. Salah satunya adalah dengan cara ngamen untuk galang dana Bhakti Bumi. Uang yang terkumpul itu nantinya bakal dibelikan bibit untuk ditanam bersama masyarakat. Aksi itu dilakukan agar Trenggalek tetap asri dan bebas dari bencana alam banjir dan tanah longsor.

Aksi ngamen kali ini berlangsung di Saung Ledokan Widoro (SLOW), Sabtu (25/1). Lokasi itu dipilih sekaligus untuk mengenalkan wisata rintisan Desa Widoro Kecamatan Gandusari Trenggalek. “Ledokan berasal dari bahasa jawa yang artinya cekungan. Artinya, dulu lokasi ini merupakan cekungan yang tidak ada manfaatnya, coba disulap menjadi sebuah destinasi wisata,” kata Mas Ipin.

Mas Ipin berharap aksi ini bisa menggugah masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Caranya adalah dengan ikut serta melakukan penanaman pohon secara massal. Pohon tersebut memiliki manfaat untuk menyerap air tanah dan menyimpannya. Harapannya kekeringan yang terjadi saban tahun dapat diminimalisir. “Itu menjadi harapan kita bersama,” imbuhnya.

Bupati ngamen merupakan ajang yang memang digelar Mochamad Nur Arifin untuk menyapa masyarakatnya, sekaligus untuk melakukan penggalangan dana untuk bhakti bumi. Momentum ini sekaligus sebagai ajang untuk berdiskusi dengan masyarakat. “Ada dua hal yang ingin kita dapat. Bertemu dan berdiskusi dengan masyarakat, sekaligus melakukan penggalangan dana untuk pelestarian lingkungan demi anak cucu kita,” pungkasnya.(Adv)

Reporter: Angga Prasetya

Editor: Della Cahaya