Mas Abu: Satlinmas Harus Tegas dan Santun

Share this :

Kediri, Koranmemo.com-Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar kembali memberikan pengarahan dalam rangka monitoring evaluasi kesiapsiagaan Satuan Lintas Masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Kota, Kamis (11/5)  di Gedung Nasional Indonesia (GNI).

Ini merupakan hari kedua Walikota Kediri memberikan pengarahan monitoring evaluasi kesiapsiagaan Satlinmas  yang sebelumnya diadakan untuk Satlinmas se-Kecamatan Pesantren.

Kegiatan monitoring evaluasi kesiapsiagaan linmas ini juga dihadiri  Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Kediri Mandung Sulaksono, Komisioner KPU Kota Kediri Anis Iva, Camat Kota dan lurah se-Kecamatan Kota.

Dihadapan 525 Satlinmas yang mengikuti pengarahan, Walikota Kediri yang akrab disapa Mas Abu ini menyampaikan ucapan terima kasihnya karena sampai saat ini Satlinmas selalu menjaga lingkungan di Kota Kediri.

Mas Abu juga menuturkan tahun 2018 akan ada pilgub Jawa Timur dan pilkada Kota Kediri. Kemudian di tahun 2019 akan ada pilpres dan pileg sekaligus pemilihan DPD. Dan ditengah pesta demokrasi tersebut Satlinmas memiliki tugas khusus yakni menjaga jalannya pemilihan umum. “Jadi nanti tugas panjenengan semua mengawal surat suara yang didrop di kelurahan. Bahkan saat surat suara didrop di TPS panjenengan juga harus menjaga,” ungkapnya.

Kemudian usai pencoblosan, lanjut Mas Abu, Satlinmas juga harus ikut mengawal surat suara tersebut dibawa ke kelurahan lalu ke kecamatan serta saat perhitungan. “Nah biasanya pada tahap ini banyak terjadi konflik. Jadi Satlinmas harus terus menjaga kekondusifan agar tidak terjadi konflik. Nanti Satlinmas akan dibantu jajaran kepolisian, TNI, lurah dan camat. Dikota Kediri ada 550 TPS dan 150 TPS ada di Kecamatan Kota. Inilah yang harus panjenengan semua jaga,” jelasnya.

Tahun ini Satlinmas akan mendapat seragam, topi dan sepatu baru. Selain itu Satlinmas juga mendapat honor. Dan Mas Abu meminta setelah mendapat seragam baru dan honor Satlinmas harus bekerja keras untuk mengamankan masyarakat. “Saya juga mengimbau agar Satlimnas di Kota Kediri itu tegas tapi santun. Tidak perlu tegas tapi sangar.”

Kemudian yang tidak kalah pentingnya, walikota berusia 37 tahun mengimbau agar semua anggota Satlinmas selalu menjaga komunikasi.

Reporter : Canda Adisurya

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.