Mas Abu Berharap Perbankan Bisa Membantu UMKM Kota Kediri

Kediri, koranmemo.com – Perbankan merupakan salah satu lembaga penyokong perekonomian. Maka dari itu dibutuhkan kerjasama antara beberapa pihak agar perekonomian dan pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Seperti halnya transaksi pemerintahan dengan menggunakan e-billing yang menggunakan transaksi non tunai pada setiap pembayarannya.

Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Kediri mengatakan, perbankan di Kota Kediri khususnya Bank Jatim sudah bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri untuk menjalankan programnya. Saat ini Kota Kediri sudah melakukan transaksi non tunai dan dapat dilaksanakan melalui bank daerah Jawa Timur tersebut.

“Syukur Alhamdulillah bisa berjalan khususnya di tahun ini sudah full. Saya berharap ke depan kekurangan-kekurangan dari sistem yang telah dibangun ini segera diperbaiki dan dipercepat sistem keuanganya,” tutur Mas Abu ketika menghadiri Hari Jadi Bank Jatim ke-57.

Dalam kesempatan itu, wali kota berusia 38 tahun ini menyampaikan rasa terima kasih kepada Bank Jatim.”Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bank Jatim, yang selama ini Alhamdulillah kita bisa bersinergi bersama dengan Pemerintah daerah Kota Kediri,” ujarnya.

Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri ini juga menjelaskan terkait masalah klasik yang kerap dihadapi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yakni bankable. Beberapa UMKM dirasa tidak mampu memenuhi syarat perbankan (bankable) sehingga mereka tidak mampu mengakses kredit usaha rakyat (KUR).

“Selama ini kredit usaha rakyat (KUR)  yang dirasakan oleh masyarakat Kota Kediri cukup bagus, tinggal kita pikirkan bagaimana supaya mereka itu terus bisa terbantu dengan adanya KUR. Saya harap bisa bekerjasama karena banyaknya usaha di Kota Kediri yang belum bankable. Ini juga menjadi tanggungjawab kita bersama. Saya berharap ada edukasi untuk UMKM-UMKM di Kota Kediri karena berdasarkan data dari BPS, ketika UMKM-UMKM itu kita sentuh maka angka pengangguran juga mulai terkikis,”jelasnya.

Terakhir, Mas Abu mengajak kepada Bank Jatim untuk bekerjasama memberikan edukasi terhadap UMKM-UMKM supaya lebih berdaya karena kini sudah ada online marketing (market place) sehingga UMKM Kita bisa diedukasi dengan tepat baik dari sisi finansial maupun dari sisi manajerial.

“Mari kita bekerjasama dengan baik. Kita ciptakan masyarakat yang lebih sejahtera. Selamat Ulang tahun Bank Jatim yang ke 57. Semoga semakin sukses, semakin jaya. Mudah-mudahan sahamnya terus melejit dan mudah-mudahan keberkahan selalu dilimpahkan Allah SWT,” tutupnya. (Adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della cahaya