Marak Teror Bom, Satu Desa Pasang CCTV 

Jombang, koranmemo.com-Akhir-akhir ini marak serangan teror  bom di Jawa Timur. Situasi ini tentu saja memicu kekhawatiran warga. Begitu juga warga Desa Kepatihan Kecamatan Jombang.

Untuk itu, pihak desa berinisiatif memasang kamera pengintai CCTV (Closed Circuit Television) di beberapa sudut desa dan beberapa tempat ibadah yang ada di desa setempat.

“Pemasangan dilatarbelakangi maraknya aksi teror akhir-akhir ini terutama di Jatim,” kata Erwin Pribadi, Kepala Desa Kepatihan kepada koranmemo.comsaat sedang melakukan pemasangan CCTV di pintu masuk Kepatihan gang III, Jumat (18/5) sore.

Erwin menjelaskan, titik-titik pemasangan CCTV sendiri dilakukan di tempat-tempat yang rawan kejahatan atau aksi kriminalitas, sesuai dengan pertimbangan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kepatihan.”Warga kami ada 1.600 KK lebih. Semua etnis di sini ada. Makanya sebagai langkah antisipasi, pencegahan dan penangkalan dari aksi terorisme maupun tindak kriminal lainnya, pemasangan CCTV termasuk di depan rumah-rumah ibadah juga,” ujarnya.

Sejauh ini menurut Erwin, pemasangan CCTV sudah ada di 18 titik, dari target pemasangan 100 titik. “Desa Kepatihan ada 34 RT. Yang sudah ada CCTV nya sudah separo. Adanya CCTV ini juga bisa untuk sarana teman-teman kepolisian yang membutuhkan rekaman manakala ada aksi kriminalitas di desa kami,”paparnya.

Disinggung soal pendanaan pengadaan CCTV, Erwin mengaku mengambilkan dari desa. “Anggarannya yang kami siapkan sekitar Rp 30 juta,” tandasnya.

Sementara, Subakin (52) warga RT 02/RW 07, mengaku lega dengan adanya CCTV yang terpasang di gang dan jalan-jalan umum di desa setempat.

“Dengan adanya CCTV desa kita akan aman dari gangguan teroris, pencuri, penjambretan dan sebagainya,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date