Marak Pembuang Sampah, Gelar Sayembara Berhadiah

Kediri, MemoLantaran banyaknya aksi membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya, Desa Doko, Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, mengadakan sebuah sayembara untuk umum. Barang siapa yang dapat menangkap pembuang sampah yang sembarangan, pemerintah desa (Pemdes) akan memberikan hadiah atau imbalan berupa uang sebesar Rp 200 ribu.

Papan sayembara yang terpasang di Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri (kurniawan/memo)
Papan sayembara yang terpasang di Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri (kurniawan/memo)

Dari pantauan Koran Memo, terdapat dua papan yang sengaja dipasang pihak Desa Doko. Kedua papan tersebut tersebar di dua titik yang berbeda. Hasilnya, sejak dipasangnya pengumuman sayembara tersebut, menurut warga sekitar, sampah yang sebelumnya terlihat menumpuk di beberapa titik kini sudah tidak terlihat.

Bambang, salah satu warga Desa Doko mengatakan, adanya papan peringatan itu sedikit mempengaruhi para pembuang sampah yang sembarangan. Pasalnya tidak sedikit warga yang tertarik dengan imbalan yang disediakan pemerintah desa.

Bambang sendiri mengaku tertarik dengan imbalan tersebut dan mengaku ingin sekali menangkap pembuang sampah. “Kalau saya tertarik menangkapnya. Selain dapat imbalan, pembuang sampah sembarangan sering membuat keadaan desa menjadi kotor,” ujarnya.

Namun hingga saat kini, belum ada satupun warga yang berhasil menangkap pembuang sampah. Selain lantaran intensitasnya mulai berkurang usai terpasangnya papan sayembara, diketahui para pembuang sampah melakukan aksinya pada malam hari dimana pengawasan warga kurang maksimal.

Bambang dan beberapa warga mengaku menyambut baik sayembara yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan adanya papan tersebut, terlihat sudah tidak ada lagi pembuang sampah di wilayah Desa Doko.

Dengan papan pengumuman ini, warga Doko berharap masyarakat luas sadar akan penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selain tidak adanya penyakit berbahaya yang bisa menyebar akibat tumpukan sampah tersebut, lingkungan juga akan menjadi terlihat lebih indah dan bersih.(kur)