Manchester City Dikalahkan Chelsea, Liverpool Juara Liga Inggris

Share this :

London, koranmemo.com – Liverpool akhirnya berhasil menjadi juara Liga Inggris musim ini setelah 30 tahun tidak merasakan gelar juara Liga Inggris. Ini adalah piala ke-19 untuk Liverpool pada kompetisi Liga Inggris sepanjang sejarah dan yang pertama pada era Liga Primer Inggris.

Gelar juara Liverpool musim ini terjadi sebelum musim berakhir berkat kekalahan Manchester City dari Chelsea pada pertandingan Jumat (26/6) dini hari. Kemenangan Chelsea dipastikan lewat titik penalti pada menit ke-78. Pemain Chelsea, Willian yang bertugas mengeksekusi bola berhasil mengecoh kiper City, Ederson dan mencetak gol, kedudukan 2-1 tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Gelar juara Liverpool ini merupakan suatu hal yang sangat membanggakan bagi pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Ini juga merupakan pembuktian dari janji yang dia berikan saat awal masa kepelatihannya di Liverpool, 4,5 tahun yang lalu.

“Saya tidak bisa berkata-kata, ini sulit dipercaya, sangat jauh dari yang pernah saya pikirkan akan mungkin terjadi. Menjadi juara dengan klub ini benar-benar luar biasa,” kata Klopp dikutip dari Sky Sports.

“Saya tidak menunggu selama 30 tahun dan saya baru berada di sini selama empat setengah tahun. Ini merupakan pencapaian, terutama dengan kemungkinan kompetisi tidak bisa dilanjutkan akibat jeda pandemi,” tambahnya.

Dengan kondisi ini, Liverpool juga memiliki kemungkinan untuk mengalahkan rekor poin Manchester City yang berhasil mencapai 100 poin dalam satu musim. Itu bisa dicapai oleh Liverpool jika dalam lima pertandingan sisa bisa diselesaikan dengan kemenangan, poin Liverpool saat ini 86 poin.

Terkait keberhasilan Liverpool dalam memastikan gelar juara liga musim ini, Pelatih Manchester City, Pep Guardiola turut memberikan ucapan selamat. “Liverpool telah menunjukan permainan yang luar biasa musim ini. Mereka layak untuk mendapatkan gelar juara itu,” ujar Guardiola dikutip dari BBC.

“Dua musim yang lalu, kami berhasil meraih 100 poin dan mereka mengakhiri musim dengan tertinggal lebih dari 25 poin dari kami. Musim lalu kami dan Liverpool bersaing ketat dan mereka masih belum melewati kami, tahun ini mereka benar-benar membuat jarak bagi kami. Kami harus belajar dari musim ini dan memperbaiki yang berikutnya,” tambahnya.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Achmad Saichu