Maling Kotak Amal Masjid Al Hidayah Terekam CCTV

Malang, koranmemo.com – Masjid Al Hidayah di Jalan Ikan Belida Kecamatan Blimbing Kota Malang, disatroni maling. Kotak amal masjid berisikan uang Rp 2,5 juta raib digondol maling, Senin (16/09) dini hari. Saat ini kasusnya masih dalam proses penyelidikan Polsek Blimbing Polres Malang Kota.

Kapolsek Blimbing AKP Hery Wahyu Widodo menjelaskan, untuk upaya pengungkapan pelaku, anggota reskrim yang melakukan olah TKP telah membawa barang bukti kotak amal yang dibobol pelaku.

“Masih diselidiki semoga bisa ditemukan pelakunya. Pihak takmir juga kami sarankan untuk segera laporan resmi. Agar bisa segera ditindaklanjuti mengenai berapa kerugiannya,” ungkapnya, Senin (16/09).

Dijelaskan jika aksi pencurian kotak amal di masjid ini bermula seorang pria berpenutup muka terekam kamera CCTV melakukan pembobolan kotak amal di Masjid Al Hidayah. Pria yang saat beraksi mengenakan baju merah, memakai celana panjang, bertopi serta memakai penutup muka itu tak sadar jika aksinya membobol kotak amal terekam kamera CCTV.

Dalam rekaman CCTV, pria tersebut tampak mengamati situasi sekitar. Sempat mondar-mandir, pelaku kemudian langsung beraksi setelah melihat situasi aman.

Pelaku mencongkel kotak amal dengan sebuah alat seperti pisau dalam rekaman CCTV. Alat tersebut dikeluarkan pelaku dari dalam bajunya. Setelah mencongkel kotak amal, pelaku kemudian kembali memasukkan alat yang digunakan mencongkel itu.
Setelah itu, pelaku kembali mondar-mandir memantau situasi. Setelah dirasa aman, pelaku langsung membuka kotak amal tersebut dan mengambil uang dalam kotak amal, kemudian segera kabur.

Tapi, meskipun saat beraksi pelaku mengenakan penutup muka, wajah pelaku sempat terekam jelas kamera CCTV lain di Masjid Al Hidayah.

“Dari situ,kami menerima laporan jika takmir melaporkan ke kita dan petugas langsung melakukan koordinasi dengan Unit Identifikasi Polres Malang Kota guna pengambilan sampel sidik jari pelaku yang mungkin saja tertempel pada barang bukti kotak amal. Ada rekaman CCTV dan wajah pelaku juga terekam CCTV, saat ini masih belum bisa memastikan atau mengetahui identitas pelaku pembobolan kotak amal. Sebab, ketika diperbesar, gambar wajah pekaku terlihat blur atau tidak jelas,” terangnya.

Pihak kepolisian berharap pelaku pencurian kotak amal mudah-mudahan bisa segera terungkap.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date