Malam 7 Hari, Pengurus Parpol Ini Ziarah ke Makam Gus Sholah 

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Gelombang peziarah makam KH Salahuddin Wahid, terus berdatangan. Seperti menjelang malam 7 hari ini, giliran rombongan Pengurus DPP beserta DPW Partai NasDem Jatim berziarah ke makam Pengasuh Ponpes Tebuireng tersebut, Sabtu (08/02) siang.  Takziah di malam 7 hari Gus Sholah ini juga dalam rangka ziarah ke Makam Pendiri NU di Kota Santri.

Jajaran pengurus partai Nasdem yang tiba pukul 10.57 WIB, sebelum menuju ke makbaroh makam keluarga di Ponpes Tebuireng. Para rombongan terlebih dahulu menuju ke dalem kasepuhan Pondok dan disambut Wakil Pengasuh Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin yang bakal menggantikan posisi almarhum Gus Sholah sebagai pengasuh.

Kemudian usai beramah tamah tak berselang lama pengurus Nasdem juga melanjutkan berdoa di depan pesarean Gus Sholah, dan dilanjutkan menuju Ndalem Pengasuh dengan ditemui oleh Nyai Faridah (Istri Gus Sholah) dan Gus Ipang.

Menurut Charles Meikyansyah, Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi Publik Partai NasDem, kedatangan pengurus Partai NasDem memang dalam rangka berziarah ke makam-makam Pendiri NU di Jombang. Dengan ketepatan pada 7 hari Gus Sholah, dirinya sebagai mewakili pengurus DPP Nasdem, juga merasa kehilangan sekali kepada adik kandung mantan Presiden ke 4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Kami dari partai NasDem turut merasa sangat kehilangan beliau (Gus Sholah). Kita juga berharap agar kedepan hubungan tali silaturahmi antara partai NasDem, terjalin baik di tingkat pusat maupun wilayah bisa dengan keluarga besar KH Hasyim Asy’ari tetap berjalan dengan baik,” ungkap Anggota DPR RI dari fraksi partai NasDem usai bertakziah di Tebuireng, Jombang, Sabtu (8/2).

Ditambahkan, Gus Sholah merupakan sosok tokoh ulama besar. Bahkan, sosok beliau sangat penting di Indonesia. Sehingga partai NasDem turut berduka atas meninggalnya Gus Sholah.

“Beliau ini adalah sosok tokoh penyatu umat dan Gus Sholah ini juga tokoh pembaharuan, tokoh intelektual yang banyak menyumbangkan pemikirannya untuk negara Indonesia,” terangnya.

Mantan jurnalis ternama di media cetak dan televisi ini lebih lanjut berkata, almarhum Pengasuh Tebuireng juga sosok tokoh intelektual yang terus menyumbangkan pemikirannya untuk perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.

“Gus Sholah tokoh pendidik, dimana beliau selalu memikirkan dunia pendidikan dari tingkat bawah hingga perguruan tinggi. Dan Gus Sholah salah satu tokoh yang menanamkan nilai-nilai moral yang tinggi,” pungkasnya.

Para rombongan selanjutnya bertolak ke makam KH Bisri Syamsuri di Ponpes Denanyar, dan ke makam Ponpes Tambakberas, KH Wahab Hasbullah.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date