Mahasiswa di Blitar Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas

Share this :

Blitar, koranmemo.com РOperasi zebra semeru 2019 terus dilakukan oleh Satlantas Polres Blitar. Selama empat hari operasi, sudah ratusan kendaraan bermotor kena tilang. Mirisnya, mayoritas pelanggar adalah mahasiswa.

Satlantas Polres Blitar mencatat, sebanyak 853 pengguna kendaraan bermotor yang ditilang mulai tanggal 23 hingga 27 Oktober. Rinciannya, sebanyak 351 pengguna kendaraan bermotor yang ditilang adalah pelajar, dan sisanya adalah mahasiswa.”Masih didominasi oleh pelajar, tapi tahun ini sudah mengarah pada mahasiswa yang melanggar. Mereka mulai tidak membawa surat kendaraan bermotor, sampai belum memiliki surat izin mengemudi,” ujar AKP Amirul Hakim Kasatlantas Polres Blitar, Senin (28/10).

Selain teguran, Satlantas juga meminta, mereka yang belum memiliki SIM untuk segera mengurus. Terlebih para mahasiswa yang secara usia sudah berhak memiliki SIM. “Mereka kaum terpelajar, jadi kami berharap mentaati peraturan. Kami yakin mereka paham tentang hukum – hukum berlalu lintas,” jelasnya.

Sementara itu, dibanding Operasi Zebra tahun 2018 jumlah warga yang melanggar lalu linta tahun ini menurun. Pada waktu yang sama, tahun lalu Satlantas Polres Blitar memberikan surat tilang kepada 856 pelanggar dengan satu kejadian kecelakaan lalu lintas.

“Tahun ini menurun, juga tidak ada kejadian kecelakaan lalu lintas pada tahun ini. Kami berharap, dengan pelaksanaan operasi seperti ini warga semakin sadar untuk melengkapi surat – surat kendaraan bermotornya. Dan yang terpenting kepada orangtua agar tidak memberi izin kepada anaknya yang belum cukup umur untuk mengendarai kendaraan bermotor,” tandas Amirul Hakim.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu