Kasus Covid-19 Melonjak, Wali Kota Madiun Berlakukan Lockdown Lokal

Share this :

Madiun, koranmemo.com – Wali Kota Madiun Maidi akan memberlakukan lockdown skala lokal di Kota Madiun, menyusul melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir mencapai 104 kasus.

Menurut Maidi, lock down lokal diberlakukan untuk daerah kelurahan yang terdapat kasus terkonfirmasi atau zona merah.  Dari 27 kelurahan di Kota Madiun,  hanya dua kelurahan yang kategori zona hijau. Yakni Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo dan Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman.

“Dua kelurahan masih hijau, jangan dilepas. Daerah yang kena (terkonfirmasi) akan kita ketati,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat tidak resah atas kebijakan lockdown, karena gerak aktivitas masyarakat yang dibatasi. Dan Pemkot Madiun tetap akan meringankan beban masyarakat.

“Kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan tidak kita izinkan terlebih dahulu, selama satu bulan,” ujarnya.

Baca Juga: Dhito Dewi Lolos Tes Kesehatan, Dhito Persiapkan Kampanye di Masa Pandemi

Pejabat asal Magetan ini juga menyebut operasi yustisi mungkin  akan dilaksanakan sampai kelurahan. Hal ini untuk mendisiplinkan warga Kota Madiun dalam mematuhi protokol kesehatan utamanya memakai masker. “Tidak pakai masker kita tindak atau beri sanksi langsung disana. Yustisi masuk akan perumahan,” timpalnya.

Data Pemkot Madiun, dari 104 kasus, angka sembuh telah mencapai 79,81 persen atau 83 kasus. “Setiap rumah yang ada kasus dan protokol kesehatan lemah kita langsung lockdown lokal,” tegasnya lagi.

Reporter: Juremi

Editor: Della Cahaya