Lukisan 4D Hiasi Sekolah

Kediri, koranmemo.com – Ada yang berbeda saat memasuki halaman belakang SMAN 3 Kediri. Terlihat lukisan kolam beserta jembatan di lantai yang ukurannya cukup besar dan dilukis secara 4 dimensi (4D). Lukisan tersebut dikerjakan sejak Minggu (23/10) oleh siswa SMAN 3 sendiri untuk menyambut dies natalies yang ke-50.

FX. Buyung Nugroho, guru Bahasa Inggris SMA Negeri 3 Kediri mengatakan, lukisan tersebut memang dibuat untuk mengaryakan para siswanya. “Ini dibuat oleh siswa kelas XII sendiri dengan dibimbing oleh guru seninya. Tidak hanya di lantai area belakang sekolah namun rencana juga akan ada di lantai dekat gazebo depan dan ruang-ruang yang layak untuk dilukis,” ujar Buyung.

Dicky Dwi Permana, guru seni dan budaya sekaligus penggagas lukisan 4D SMAN 3 Kediri mengungkapkan, melukis 4D tidak mudah dan butuh insting serta teknik tersendiri. “Sekarang yang masih booming yaitu lukisan 3D, saya mencoba menampilkan yang berbeda yakni 4D. Perbedaannya 3D bisa dilihat dari sisi mana saja tapi kalau 4D hanya bisa dilihat melalui satu sisi dan cenderung dilukis memanfaatkan ruang kosong,” ungkap Dicky.

Dicky menambahkan, untuk membuat lukisan tersebut dibutuhkan waktu dua hari. Dia menggambar polanya dahulu menggunakan kapur, lalu baru di cat menggunakan cat exterior dengan bantuan siswa kelas XII. “Kendala saat menyelesaikan yaitu saat hujan tiba, harus dicat ulang sampai gambar menjadi sempurna,” kata Dicky. (Dha)

Follow Untuk Berita Up to Date