Lorenzo Juarai MotoGP Catalunya

Share this :

Barcelona, koranmemo.comPembalap Ducati Jorge Lorenzo secara meyakinkan keluar sebagai juara MotoGP Catalunya, Minggu (17/6). Di posisi kedua ada Marc Marquez disusul pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi di tempat ketiga.

X Fuera yang menempati posisi start terdepan, sempat disalip Marc Marquez, tapi sebelum lap pertama kelar sudah kembali menjadi pemimpin balapan.

Lorenzo tak terkejar dalam 24 putaran. Ini kemenangan Lorenzo kedua kali secara beruntun di MotoGP 2018. Sebelumnya, dia menang di MotoGP Mugello Italia.

Dengan hasil ini Lorenzo menyamai perolehan poin Andrea Dovizioso di klasemen pembalap. Kedua pembalap Ducati itu sama-sama mengumpulkan 66 poin, berada di posisi ketujuh-kedelapan klasemen.

Sementara itu, Marquez masih berada di posisi pertama klasemen dengan 115 poin. Valentino Rossi, yang finis ketiga, ada di posisi kedua klasemen dengan raihan 88 poin selisih 27 poin.

Maverick Vinales menambah 10 poin setelah finis keenam di Catalunya. Dia menempati posisi ketiga dengan raihan 77 angka.

Begitu start, Marques langsung bisa merebut posisi terdepan. Lorenzo turun di peringkat ketiga, setelah disalip  Andrea Iannone.

Pembalap Ducati yang musim MotoGP tahun 2019 bergabung dengan Repsol Honda bersama Marc Marquez itu berhasil kembali menjadi yang terdepan saat lap pertama selesai, dibuntuti Marquez dan Dovizioso. Sementara itu, Valentino Rossi ada di posisi keempat saat lap ketiga.

Dovizioso mengalami crash di lap kedelapan. Posisi ketiga pun ditempati Rossi.

Balapan ini juga diwarnai kecelakaan antara Takaaki Nakagami dan Bradley Smith. Takagami kehilangan grip menyenggol Smith.

Insiden lain secara tiba-tiba motor  Tito Rabat terbakar saat balapan tinggal menyisakan 6 lap. Bagian tengah motornya mengeluarkan api, hingga gagal finis.

Hafizh Syahrin juga gagal melanjutkan balapan karena terjatuh. Barisan terdepan tetap dikuasai Lorenzo hingga balapan berakhir.

Dari Berbagai Sumber

Editor: Achmad Saichu