Lima Pasien Hepatitis A Dipulangkan, 11 Lainnya Masih Jalani Perawatan

Trenggalek, koranmemo.com – Sebanyak lima pasien hepatitis A dipulangkan pasca dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan. Sebelumnya lima warga Trenggalek itu menjalani perawatan intensif di Puskesmas Bodag dan RSUD Dokter Soedomo. Hingga kini sebanyak 11 pasien masih menjalani perawatan medis.

Sudjiono, Humas RSUD Trenggalek menyebut, saat ini pihaknya masih menangani dua pasien penyakit yang belakangan jadi perhatian pasca penetapan KLB di Kabupaten Pacitan. “Namun dalam waktu dekat dua pasien itu diperbolehkan pulang, karena kondisinya berangsur -angsur membaik,” jelasnya, Minggu (30/6).

Sebelumnya warga Kecamatan Panggul dan Munjungan itu harus menjalani perawatan di ruang isolasi karena terjangkit hepatitis A. Mereka ditempatkan di ruang isolasi agar tidak menjangkiti pasien lainnya. “Karena memang mudah menular, namun sebetulnya tergantung kondisi tubuh yang bersangkutan juga,” jelasnya.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh, tidak menutup kemungkinan pasien itu dapat terjangkiti virus hepatitis A. Oleh sebab itu, tiga hari pasca diperbolehkan pulang, mereka harus menjalani kontrol seiring penerapan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). “Hasil tes labnya HBsAG juga negatif, sebab jika positif seumur hidup masih bisa (menjangkiti, red), “ pungkasnya.

Sementara dua pasien lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di puskesmas sudah diperbolehkan pulang. Sebelumnya lima pasien hepatitis A di RSUD Trenggalek sebanyak tiga diantaranya adalah rujukan. “Per-Sabtu kemarin di Bodag dua pasien sudah pulang,” kata Sugito Teguh, Kepala Dinas Kesehatan  Trenggalek.

Hingga saat ini tercatat sebanyak sembilan pasien menjalani perawatan medis. Mereka menjalani perawatan di lima puskesmas dari 22 puskesmas yang tersebar di 14 kecamatan. Sebelumnya sebanyak 11 pasien menjalani perawatan di tujuh puskesmas dan lima pasien lainnya di RSUD Dokter Soedomo. “Kalau untuk hari ini (Minggu,red) saya belum terima laporan,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date