Lima Jabatan Kosong Bakal Dilelang

Blitarkoranmemo.com –  Pemerintah Kabupaten Blitar segera melaksanakan seleksi terbuka lima jabatan yang kosong. Ditargetkan, seluruh jabatan tinggi pratama (JTP) tersebut segera terisi demi suksesnya pemerintahan dan program kerja.

 Lima jabatan yang dilelang masing-masing kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), kepala Dinas Pertenakan dan Perikanan (Disnakkan), kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), direktur Rumah Sakit (RS) Ngudi Waluyo Wlingi, serta asisten ekonomi dan pembangunan.

 Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Totok Subihandono. Dijelaskan, pengisian jabatan yang kosong ini dilakukan dengan mekanisme seleksi secara terbuka, dan mengacu sebagaimana ketentuan aturan yang ada. Yaitu, Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Sekarang harus melalui mekanisme lelang terbuka. Sesuai pengumuman nomor 01/ pansel/ 2019, kali ini kita mengadakan lowongan jabatan tinggi pratama untuk eselon II B. Pengumumannya bisa diakses melalui website BPKSDM atau website Pemkab Blitar,“ ungkap Totok, Rabu (13/02).

Totok mengakui, istilah lelang yang digunakan dalam lelang jabatan ini kurang begitu dipahami oleh sebagian besar masyarakat. “Selama ini kita mengenal kata lelang adalah barang atau proyek. Namun Pemkab Blitar memasangkan kata tersebut dengan jabatan dan itu sekarang sudah umum.

Semua PNS atau aparat sipil negara (ASN) eselon II untuk segera melamar jabatan tersebut.  Bahkan pihaknya juga akan memberi kesempatan eselon III A, apakah itu camat atau sekdin, untuk promosi jabatan,” tukasnya.

Sedangkan untuk pengumuman,akan dilakukan mulai 7 Februari 2019 kemarin. Pansel akan menutup pengumuman tersebut  21 Februari 2019 mendatang. Tahapannya memang cukup panjang, mulai dari pembentukan tim panitia seleksi (pansel), pengumuman seleksi.  “Untuk pengumuman, kita membutuhkan waktu sekitar 14 hari,” ungkap Totok.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu