Liga Sepak Bola Italia ditentukan Minggu Depan

Share this :

Roma, koranmemo.com – Klub sepak bola Italia telah diberi izin untuk melanjutkan latihan kelompok, namun kelanjutan dari Liga Sepak Bola Italia (Serie A) baru akan ditentukan pada minggu depan. Menteri Olahraga, Vincenzo Spadafora mengatakan, akan dilakukan pertemuan pada 28 Mei nanti untuk membahas kelanjutan dari kompetisi ini.

Spadafora juga mengatakan, para ahli juga telah menerima revisi dari protokol kesehatan yang diajukan federasi sepakbola Italia (FIGC). “Komite ahli telah menyetujui protokol FIGC untuk dimulainya kembali latihan tim. Ini adalah berita bagus, latihan kolektif sekarang dapat dilanjutkan,” kata Spadafora dikutip dari AFP, Rabu (20/5).

Pertemuan yang telah dijadwalkan oleh Spadafora, nantinya akan mengikutsertakan Pemimpin FIGC, Gabriele Gravina dan Pemimpin Serie A, Lega Paolo Dal Pino. “Kami akan memutuskan kapan Serie A akan dimulai kembali. Saat ini yang terpenting adalah memulai kembali dengan niat kuat untuk menyelesaikan kejuaraan. Setelah itu, federasi akan memutuskan modalitas dan format yang akan diadopsi,” ujarnya.

Peraturan untuk mengisolasi anggota klub di fasilitas yang dimiliki oleh klub selama dua minggu juga sudah dicabut. Nantinya, jika seorang anggota klub diketahui tertular virus corona, maka dia akan diisolasi mandiri. Sedangkan anggota tim yang lain akan menjalani isolasi di tempat lain, namun tetap masih bisa berlatih.

Menanggapi hal ini, Gravina menyambut baik langkah tegas untuk memulai kembali sepakbola di Italia. Dia juga mengkonfirmasi jika komite ahli sedang bekerja keras untuk menyempurnakan protokol yang akan diterapkan untuk mengembalikan kompetisi.

Sebelumnya, Serie A telah ditunda sejak 9 Maret, akibat pandemi corona yang telah menewaskan lebih dari 32.000 orang di Italia sejauh ini. Awalnya, semua kompetisi olahraga dijadwalkan akan kembali digelar pada 14 Juni. Para Atlit juga telah kembali berlatih secara individu sejak 4 Mei lalu.

Mengenai rencana kembalinya kompetisi, Ketua Persatuan Pemain Sepak Bola Italia, Damiano Tommasi mengatakan, dirinya menyarankan untuk memberi waktu selama satu bulan sebelum kembalinya kompetisi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi pemain dari sudut pandang medis dan kesehatan.

”Setidaknya empat minggu diperlukan untuk mengembalikan performa pemain agar terhindar dari cedera,” ujar Tommasi.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya