Laos Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

Share this :

Vientiane, koranmemo.com – Berbagai upaya yang dilakukan oleh Laos dalam meningkatkan taraf hidup warganya telah menunjukan hasil yang positif. Dengan peningkatan infrastruktur, terutama listrik, jalan, air bersih, dan sanitasi, Laos berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga 18,3 persen.

Melansir dari Vientiane Times, Rabu (29/7), angka konsumsi dan pengeluaran rumah tangga di Laos juga telah meningkat tajam. Peningkatan itu terutama terjadi pada sektor bahan makanan pokok.

Masyarakat di Laos juga telah secara bertahap melakukan diversifikasi terhadap makanan yang mereka konsumsi. Sebelumnya, beras merupakan bahan pokok yang mereka konsumsi setiap hari. Saat ini, mereka telah mulai beralih ke berbagai makanan lain yang sehat.

Seiring dengan hal tersebut, perputaran ekonomi di Laos juga semakin membaik. Banyak dari masyarakat Laos mulai membelanjakan uangnya di pasar dan mengurangi konsumsi produk mereka sendiri.

Baca Juga: Australia Tingkatkan Kerjasama Pertahanan dengan AS

Baca Juga: Wali Kota Kediri Gandeng Udinus Bagi-bagi Beasiswa Kuliah Gratis 

Menurut Biro Statistik Laos, survei mengenai angka kemiskinan ini telah dilakukan setiap lima tahun sejak 1992-1993. Angka kemiskinan Laos saat ini merupakan hasil dari pengolahan data dari 636 desa dan 10.176 rumah tangga dengan wawancara yang berlangsung selama 12 bulan.

Survei ini bertujuan untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi tentang konsumsi dan pengeluaran rumah tangga, produksi, dan akses layanan publik. Sehingga hasil yang diperoleh dapat mendukung dan memantau rencana pembangunan nasional. Khususnya untuk mencapai tujuan Pemerintah Laos mengenai pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam pelaksanaanya, pemerintah sendiri sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Biro Statistik Laos tersebut. Pemerintah bahkan memberikan bantuan teknis dari Bank Dunia untuk menyukseskan survei tersebut.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya