Lantik 261 Pejabat, Hanya Dua Nama Yang Dipromosikan

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Bupati Nganjuk, Taufiqurrahman melantik 261 pejabat baru di Pendapa Kabupaten Nganjuk, Senin (27/3). Dalam pelantikan para pejabat yang menempati posisi baru tersebut, hanya ada dua nama yang dipromosikan oleh Bupati Nganjuk, yakni Ibnu Hajar yang sebelumnya menjabat sabagai sekretaris Dinas Pendidikan dan Gondo Hariyono yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi.  Setelah promosi Ibnu menjadi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) sedangkan Gondo dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud).

Dua nama yang dipromosikan tersebut tidak sesuai dengan lamaran pada saat lelang jabatan. Sementara tiga lowongan lainnya, ditempati pejabat diluar seleksi assesmen. Sebagai contoh Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia yang diisi oleh Widyasti Sidhartini. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kepala Disdik. Sedangkan Kepala Diskominfo diisi oleh Supiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Disparporabud.

Selain itu, Bupati juga memindahtugaskan 131 Kepala SD dan SMP, 3 Pengawas, 40 Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pendidikan serta 87 pejabat eselon III dan IV.

Agus Subagyo, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) mengatakan, dalam menetapkan promosi jabatan adalah hak Bupati dalam hal ini sebagai pejabat Pembina Kepegawaian. Jadi yang mengetahui dalam pertimbangan pemilihan promis jabatan tersebut Bupati sendiri. Sedangkan hasil dari asesmen hanyalah rekomendasi. “Meski demikian, penilaiannya dipastikan tidak akan jauh-jauh dari tiga aspek seperti karakter, kepribadian dan kecakapan dalam kepemimpinan. Selanjutnya kami tidak tahu lagi bagaimananya,” ungkapnya.

Ditambahkan, Pemkab melakukan pelantikan serta pengukuhan yang dilakukan untuk Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) vertikal dengan Pemerintah Pusat. Seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang anggarannya masih ikut Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). (adv/humaspemkab/dha)

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya Praditasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.