Langkah Satlantas Polres Kediri Kota Dalam Sosialisasikan Operasi Zebra

Share this :

Gandeng Komunitas Motor Untuk Sadar Lalu Lintas

Banyak cara yang dilakukan pihak kepolisian untuk meningkatkan kesadaran lalu lintas. Salah satunya dengan mengandeng komunitas motor dan kendaraan lainnya, seperti yang dilakukan Satlantas Polres Kediri Kota. Melalui acara kopi darat bersama Federasi Otomotif Kediri (FOK), petugas menyelipkan pesan untuk sadar berlalu lintas.

Suasana Satlantas Polres Kediri Kota, Sabtu (19/11) malam kemarin tampak berbeda. Terlihat puluhan kendaraan baik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat terpakir di depan halaman Mapolres Kediri Kota. Ya, malam minggu kemarin, Satlantas Polres Kediri Kota sengan mengadakan gathering dengan para pecinta otomotif di Kota Kediri.

Tidak hanya pecinta otomotif motor saja, dalam acara tersebut juga datang pecinta otomotif roda empat mulai kendaraan mewah hingga jeep. Begitu juga dengan pecinta motor, tidak hanya pecinta harley saja yang datang. Beberapa komunitas motor seperti komunitas motor ninja, komunitas motor king, dan motor lainnya terlihat membaur menjadi satu.

Bukan tanpa alasan mengapa Satlantas Polres Kediri Kota mengumpulkan semua komunitas motor. Pihak Satlantas menggandeng pecinta otomotif ini untuk sadar berlalu lintas. Pasalnya selama ini banyak pandangan negatif mengenai komunitas motor yang sering melanggar aturan lalu lintas.

Pandangan negatif itulah yang ingin diubah Satlantas Polres Kediri Kota. Pihak kepolisian ingin menciptakan citra jika komunitas motor adalah orang yang tertib lalu lintas. Selain itu melalui komunitas motor ini pula diharapkan dapat mengajak komunitas atau pengguna motor lainnya lebih tertib berlalu lintas. “Disini kita ajak komunitas motor untuk tertib berlalu lintas. Selama ini masyarakat menilai jika komunitas motor selalu ugal-ugalan saat berada di jalan,” ungkap Kanit Dikyasa Polres Kediri Kota, Aiptu Mujani.

Selain melakukan gathering, dalam acara tersebut pihak Satlantas Polres Kediri Kota melakukan sosialisasi mengenai safety reading kepada para biker. Helm menjadi salah satu item penting bagi para biker saat melakukan touring ke luar kota. selain itu juga diminta menggunakan alat keselamatan lainnya seperti jaket, sarung tangan, sepatu, dan pelindung lutut. “Saat touring pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, dan surat lainnya,” tegas Aiptu Mujani. (ram)