Langkah 2 Bapaslon Wali Kota Blitar Jalur Independen Terhenti

Blitar, koranmemo.com – Langkah dua bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota jalur independen menuju tahapan pendaftaran harus berhenti. Pasalnya setelah dilakukan rekapitulasi jumlah dukungannya tidak memenuhi jumlah syarat yang ditentukan.

Dua bapaslon itu yakni Purnawan Buchori-Indri Kuswati dan Lisminingsih – Teteng Rukmocondrono.
Kepastian gagalnya maju ke tahap selanjutnya itu setelah KPU Kota Blitar menggelar rapat pleno tingkat kota, Kamis (20/8). Rekapitulasi yang digelar di salah satu rumah makan di Kota Blitar itu merupakan tahapan yang harus dilakoni KPU.
Nah setelah dilakukan rekapitulasi, didapati kedua bapaslon tidak memenuhi syarat yang ditentukan. Yakni 11.355 dukungan.

Dengan rincian untuk bapaslon Purnawan Buchori-Indri Kuswati sebanyak 9.912 dukungan. Sementara bapaslon Lisminingsih-Teteng Rukmocondrono hanya 10.018.”Keduanya belum bisa memenuhi syarat minimal,” kata Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam.

Umam menjelaskan, pihaknya sudah bekerja sesuai dengan prosedur. Soal keberatan dari bapaslon Lisminingsih-Teteng juga sudah diantipasi. “Semua sudah kami buktikan. Sehingga tuduhan tidaklah benar,” tambahnya.

Saat ini KPU tengah bersiap diri untuk menjalani tahap selanjutnya. Untuk pengumuman pendaftaran calon digelar pada 28 Agustus hingga 3 September. Sementara pendaftaran mulai pada 4 hingga 6 September. Verifikasi syarat pencalonan pada 4 September hingg 22 September. Penetapan calon pada 23 September dan 24 September pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi
Editor: Della Cahaya