Langka, Harga Cabai Kriting Meroket

Nganjuk, koranmemo.com РHarga cabai jenis keriting di wilayah Kabupaten Nganjuk sampai kini terus mengalami kenaikan. Pasalnya, sejak pertengahan puasa hingga saat ini cabai jenis tersebut minim pasokan. Bahkan, pedagang pasar pun jarang yang menjumpai dalam jumlah besar.

Winarsih, pedagang di Pasar Sukomoro menyampaikan, setelah berkurangnya pasokan cabai kriting dari luar kota, kini ia hanya memasarkan cabai merah besar dan cabai kecil. “Sudah tidak menjual (cabai kriting) semenjak pertengahan puasa lalu, karena pasokan sedikit sekali,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (9/7).Winarsih menyebut, harga cabai merah besar yang ia jual berkisar Rp 48 ribu sampai Rp 50 ribu per kilo. Sedangkan harga cabai kriting berada di kisaran Rp 55 ribu sampai Rp 60 ribu per kilogram.

“Cabai besar masih stabil harganya di sini. Kalau cabai kriting hampir sulit ditemui karena stoknya hampir kosong, kalaupun ada harganya cenderung naik,” ujarnya.

Rohmad, pedagang sayur keliling asal Baron, mengeluhkan kondisi tidak tersedianya cabai kriting di pasaran. Mengingat sebenarnya banyak sekali permintaan pelanggan, terutama ibu rumah tangga untuk membeli cabai keriting. karena tidak adanya stok maka dirinya hanya membeli cabai merah besar dan cabai kecil untuk dijual kembali.

“Kalau cabai kriting agak pedas daripada cabai merah besar. Kalau cabai merah besar kulitnya agak susah dilembut, lain dengan cabai keriting,” tuturnya.

Sepinya pasokan cabai kriting di Pasar Sukomoro dibenarkan Koordinator Pasar Bowo Marjoko. Dikatakan, stok cabai yang saat ini membanjir adalah jenis cabai merah besar dan cabai kecil, sedangkan cabai keriting saat ini masih kosong.

“Cabai merah besar dan cabai kecil sangat mencukupi, dan pedagang saat ini masih menunggu pasokan cabai keriting dari petani luar kota,” katanya.

Ditengarai kenaikan harga cabai keriting karena minimnya pasokan dari petani cabai. “Agar kestabilan harga cabai bisa teratasi tergantung dari pasokan para petani cabai,” pungkasnya.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date