Lakukan Patroli Rutin di Tempat Umum

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Personel gabungan Polresta Kediri, Kodim 0809/Kediri, dan Satpol PP Kota Kediri melaksanakan patroli Cipta Kondisi (Cipkon) rutin. Patroli ini dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB dengan tujuan ke tempat-tempat umum seperti kafe, warung kopi, tempat hiburan maupun taman.

Kasubbag Humas Polresta Kediri, AKP Kamsudi menjelaskan, mulai melaksanakan patroli pada Senin (23/3) pukul 20.00 WIB sampai 22.00 WIB. “Polres Kediri Kota, Kodim 0809/Kediri, Satpol PP dan Polsek Jajaran, melaksanakan giat Cipta Kondisi antisipasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona atau (Covid-19) di wilayah hukum Polres Kediri Kota,” jelasnya, Selasa (24/3).

AKP Kamsudi mengatakan, untuk sasaran cipkon patroli skala besar di antaranya tempat hiburan, warung dan kafe, serta tempat lain yang menjadi tempat berkumpulnya warga. “Kami kerahkan Ton Satgas 25 Personel, Sat Sabhara 10 personel, Sat Lantas 10 personel, Sat Reskrim 5 personel, Sat Intelkam 4 personel, Kodim 0809/Kediri 10 personel, dan Satpol PP 10 personel, serta rayon 3 polsek yaitu rayon 1 sebanyak 20 personel, rayon 2 sebanyak 15 personel, dan rayon 3 sebanyak 15 personel,” katanya.

Dalam patroli tersebut, kata AKP Kamsudi, personel mengimbau kepada warga atau masyarakat, untuk tidak berada di luar rumah seperti nongkrong di warung, kafe atau tempat lainnya. Mereka yang berada di lokasi tersebut diimbau untuk pulang ke rumah, kecuali untuk keperluan yang sangat penting atau darurat.

Personel, lanjutnya, juga melakukan Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) Kamtibmas kepada warga, untuk turut melakukan kegiatan antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona. “Kepada pemilik kafe atau warung, apabila ada pembeli, makanan lebih baik dibungkus dan dibawa pulang,” ujarnya.

“Pemilik kafe, warung, tempat hiburan dan sebagainya serta pengunjung, diimbau untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya dengan menggunakan semprotan disinfektan atau menggunakan Hand Sanitizer. Selain itu, imbauan dan Binluh juga disampaikan secara langsung dan mobile (keliling) dengan bahasa yang mudah dimengerti serta humanis,” imbuhnya.

Menurut AKP Kamsudi, patroli cipkon sekala besar terus dilakukan sampai situasi dan kondisi lebih kondusif serta ada imbauan lebih lanjut dari Pemerintah. “Terus dilakukan, karena sebelumnya juga ada Maklumat dari bapak Kapolri. Selain itu, ada juga imbauan dari Presiden yang diterapkan ke Pemerintah Daerah (Pemda),” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date