Laksanakan Protokol Kesehatan, Salat Idul Adha di Tebuireng Digelar di 2 Masjid

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Pesantren Tebuireng menggelar salat Idul Adha 1441 H di tengah pandemi Covid-19. Di pesantren yang ada di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang itu, salat Idul Adha dilaksanakan di dua masjid berbeda. Dimana ditahun sebelumnya dilaksanakan bersama di masjid ponpes, namun sekarang terbagi di dua  lokasi yakni tenpat khusus santri dan masyarakat dibedakan dengan standar protokol kesehatan demi mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kalangan santri yang sudah kembali.

“Masjid utama Pesantren Tebuireng kami khususkan untuk santri dan pengurus. Sedangkan masyarakat sekitar kami siapkan lokasi salat di Masjid Ulul Albab, yang berada di samping Pondok Putri,” papar Nur Hidayat, Juru Bicara Gugus Tugas Pesantren Tangguh Tebuireng saat dihubungi koran memo, Jumat (31/7) siang.

Ditambahkan, pembagian lokasi jamaah ini juga berlaku untuk pelaksanaan salat Jumat hingga seterusnya, akan mamakai dua masjid di dalam pesantren dan di masjid Ulil Albab yang berdekatan dengan belakang ponpes Tebuireng putri atau bersebelahan dengan SMP A Wahid Hasyim Tebuireng.

“Kebijakan tersebut berlaku mulai salat Jumat hari ini hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Hal ini seiring dengan kembalinya para santri yang bakal memulai aktivitas pembelajaran di pesantren. Dengan penerapan 2 masjid ini, kami ingin memastikan bahwa seluruh jamaah salat bisa menjaga jarak fisik yang aman sesuai protokol kesehatan,” tegas Hidayat.

Meskipun dipisahkan dengan santri, masyarakat tetap diwajibkan memenuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan melakukan physical distancing, meskipun di masjid tersebut tidak difungsikan sebagai lokasi salat Jumat sebelumnya. Akan tetapi dngan dipergunakan kembali Masjid Ulul Albab Tebuireng, masyarakat juga bisa tahu bahwa masjid ini dulu dibangun di era kepemimpinan KH Yusuf Hasyim, yang juga merupakan hadiah dari Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat Pesantren Tebuireng merayakan Satu Abad Pesantren Tebuireng pada 1999.

“Selain Masjid Ulul Albab, bagi para santri putri Tebuireng juga menyelenggarakan salat Id di lokasi terpisah, yang bertempat di area kompleks Pondok Putri Tebuireng dengan imam dan khatib perempuan,” terangnya.

Perlu diketahui, lebaran kurban di Ponpes Tebuireng kurang lebih bakal menyembelih 23 sapi yang bakal disembelih selama 3 harian. Untuk seperti hari ini, pihak panitia telah menyembelih sapi kiriman dari para pemimpin Pemerintahan, yakni kiriman dari Anis Baswedan, Gubernur DKI Jakarta serta Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, bahkan dari pemimpin TNI dan Polri juga ikut menyumbang.

“Dari total semalam ada sekitar 23 sapi dan kambing kurang lebih ada sekitar ratusan yang dibagikan ke seluruh musala di Jombang. Kalau untuk hari ini panitia pelaksana menyembelih 10 sapi dan sisanya besok. Kemudian, agenda rutinan santri membakar sate juga kami batasi meskipun sesuai protokol kesehatan,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor Achmad Saichu