Lagi, Satu Jemaah Haji Meninggal di Mekkah

Jombang, koranmemo.com – Kabar duka kembali datang dari Mekkah Arab Saudi. Satu jemaah haji asal kota santri kembali meninggal dunia Jumat (22/9) dini hari Waktu Arab Saudi. Adalah Hj Muti’ah binti Abdul Basyir (72) Warga Jalan Juanda 65 D Desa Jombatan Kecamatan Jombang Kota meninggal dunia sebelum kembali ke tanah air.

Asisten 1 Setdakab Jombang Purwanto yang masih berada di tanah suci dalam pesan selulernya menjelaskan, Hj Muti’ah tergabung dalam kloter 76. Korban mengalami diabetes. Namun sebelumnya, korban sudah mendapatkan perawatan tim dokter haji sejak sampai di Kota Mekkah.

“Innalillahi wainnailaihi roji’un telah berpulang satu lagi jemaah haji kloter 76 SUB asal Jombang atas nama Muti’ah hari ini jam 00.10 waktu setempat. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang turut berduka atas meninggalnya beliau,” tulis Purwanto, Minggu (24/9).

Menurut Purwanto, Hj Muti’ah juga sudah dua kali mendapatkan infus dan perawatan dari dokter spesialis di KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) dan telah mendapat pelayanan sesuai prosedur medis yang ada. Setelah mengeluh sakit, korban dirawat dan sempat membaik. Sebelum meninggal, korban juga sempat menata tas persiapan ke Madinah ditemani dengan teman sekamar.

“Korban wafat dalam posisi waktu tidur dan diketahui meninggal oleh teman yang ada di sebelah tempat tidur korban,” sambungnya.

Menyadari Hj Muti’ah tak bergerak lagi, teman satu kamar korban langsung manggil dokter. Sayangnya, saat diperiksa ternyata korban sudah dalam kondisi tidak bernyawa. “Tim dokter memasang infus kurang lebih 45 menit namun tetap tidak tertolong,” pungkas Purwanto.

Dengan meninggalnya Hj Muti’ah binti Abdul Basyir, total sudah ada lima jemaah haji asal Kota Santri tergabung dalam tiga kloter yang meninggal dunia di tanah suci sebelum kembali ke tanah air bulan depan.

Mereka adalah Usman bin Abdul Muntholib (79), warga Desa Mlaras Kecamatan Sumobito, Katiman Taslan Sarinah bin Taslam (75), asal Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben. Keduanya meninggal pada Rabu (6/9).

Kemudian Hj Siti Fatimah binti Suparman Darjo (66), warga jalan Pakubuwono RT 4/RW1 Kota Jombang meninggal pada Jumat (8/9) serta  H Sukendar Rono Sukarto (74), asal di RT 04/RW 02 Dusun Tejo Selatan Desa Tejo Kecamatan Mojoagung yang meninggal Kamis (15/9) sekitar pukul 12.00 waktu Arab Saudi.

Reporter: Agung  Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.