Lagi, KPK Tahan 5 Tersangka Anggota DPRD Kota Malang

Share this :

Malang, koranmemo.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap 5 tersangka untuk 20 hari ke depan terhitung mulai hari ini, Rabu (28/3) di rumah tahanan berbeda. Penahanan tersebut untuk kepentingan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap terkait pembahasan APBD-P Pemerintah Kota Malang Tahun 2015. Namun, masih ada satu anggota dewan yakni Sahrawi mangkir dalam panggilan pemeriksaan penyidik KPK sebagai tersangka pada hari ini.

Fabri Diansyah, Juru Bicara KPK mengatakan, kelimanya ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) terpisah. Kelima anggota DPRD Malang tersebut yakni, Salamet, Mohan Katelu, M Zainuddin, Suprapto, dan Wiwik Hendri Astuti. Salamet ditahan di Mapolres Jakarta Selatan, Mohan Katelu di Rutan Klas I Jakarta Timur Cabang KPK.

Kemudian, M Zainuddin dititipkan di Rutan Pomdan Jaya, Guntur, Suprapto dan Wiwik Hendri Astuti di Rutan Klas I Jakarta Timur. Mereka ditahan untuk 20 hari masa penahanan pertama. “Mereka ditahan untuk 20 hari pertama,” katanya.

Sementara, masih ada satu anggota DPRD Kota Malang yang lolos dalam penahanan pada hari ini yakni, Sahrawi. Sahrawi mangkir dalam panggilan pemeriksaan penyidik KPK sebagai tersangka pada hari ini.

Sebelumnya, Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap enam anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, Rabu (28/3) di Gedung KPK Jakarta. Keenamnya merupakan tersangka baru dalam kasus dugaan suap APBD-P Malang tahun 2015.

Enam tersangka ‎tersebut yakni, Salamet (SAL), M. Zainuddin (MZN), Mohan Katelu (MKU), Sahrawi (SAH), Suprapto (SPT), dan Wiwik Hendri Asruti (WHA).

Untuk diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan 19 tersangka baru dalam kasus dugaan suap APBD-P tahun 2015 Kota Malang, Rabu (21/3). Dari ke-19 tersangka, salah satunya Mochammad Anton, Wali Kota non aktif Kota Malang yang juga salah satu Calon Wali Kota Malang dalam gelaran Pilkada 2018 ini.

Sementara, 18 anggota DPRD Malang yang diduga turut menerima suap yakni, Suprapto, M. Zainuddin, Sahrawi, Slamet, Wiwik Hendri Astuti, Mohan Katelu, Sulik Lestyawati, Abdul Hakim, Bambang Sumarto, Imam Fauzi, Syaiful Rusi, Tri Yudiani, Heri Pudji Utami, Hery Subianto, Yaqud Ananda Gudban, Rahayu Sugiarti, Sukarno, dan Abdul Rahman.

Sebelumnya, Kasus dugaan suap APBD 2015 – 2016 Kota Malang sendiri sudah menyeret mantan Ketua DPRD Kota Malang, Mochammad Arief Wicaksono dan Kepala Dinas Pekerja Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (PUPPB) Kota Malang, Jarot Edy Sulistyono.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date