Kurang Satu Jam, Tilang Ratusan Kendaraan Bermotor

Blitar, koranmemo.com – Polres Blitar Kota mengadakan razia kendaraan bermotor di Jalan Ahmad Yani Kota Blitar, Selasa (3/9). Kurang dari satu jam razia dilakukan, petugas mendapatkan ratusan pengendaran yang melanggar tata tertib berlalu lintas.

Kegiatan gabungan yang dilakukan Satlantas Polres Blitar Kota bersama, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, TNI, dan Dinas Perhubungan Kota Blitar itu membawa 100 blanko surat tilang. Uniknya, tidak butuh waktu lama blanko habis lantaran banyak warga yang masih melanggar aturan tata tertib berlalu lintas. Padahal, ini bagian dari operasi patuh semeru 2019 yang sudah berjalan lima hari.

“Kami bawa 100 surat tilang, tadi tidak sampai satu jam sudah habis. Semua langsung kami sidang di tempat,” ujar Iptu Nanik Suryani KBO Lantas Polres Blitar Kota.

Nanik menambahkan, dalam operasi tersebut ada tujuh prioritas sasaran yaitu, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm standar. Pengendara roda empat yang tidak menggunakan safety belt, dan melebihi batas kecepatan.

Kemudian, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol. Pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, pengendara menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan, dan pengendara melawan arus.

“Bersama Dishub, kami juga memeriksa angkutan barang yang melintas. Kami menemukan ada beberapa kendaraan yang surat uji kirnya mati. Semua kita periksa,” jelasnya.

Sementara itu, selama 5 hari digelar Ops Patuh Semeru 2019 Satlantas Polres Blitar Kota menindak sekitar 1.000 pengendara. Kebanyakan para pengendara tidak memiliki SIM dan kelengkapan kendaraan.

“Kalau pengendara di bawah umur yang sudah kami tindak sekitar 100 anak. Karena kami sudah gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait larangan siswa SMP naik sepeda motor ke sekolah,” katanya.

Reporter Zayyin Multazam Sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date