Kunjungi Ponpes Lirboyo Kediri, Menag RI: Misi Pemerintah dengan Misi NU Sama

Kediri, koranmemo,com —┬áMenteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) Fachrul Razi melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kediri, Kamis (21/11) siang. Dalam kunjungannya, Jenderal (Purn) TNI ini menyampaikan misi pemerintah dengan misi pengurus Nahdatul Ulama (NU) sama.

Menag RI Fachrul Razi mengatakan, maksud kunjungan kali adalah untuk menekankan permasalahan radikalisme di Indonesia. “Pesan Bapak Presiden untuk mencoba membahas permasalahan radikalisme. Pak Jokowi juga yakin misi kita dengan pengurus NU itu sama,” tuturnya.Jadi, lanjutnya, bagaimana membangun umat dan bangsa bisa berjalan bersamaan. “Kunjungan ini, kami coba membahas bersama para ulama dan pengurus NU sehingga ke depan harapannya bangsa ini menjadi lebih baik lagi. Karena, permasalahan radikalisme ini juga menjadi fokus utama dalam pemerintahan beliau (presiden),” imbuhnya.

Fachrul Razi menjelaskan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi radikalisme di Indonesia, salah satunya mengeluarkan kesepakatan bersama 11 Menteri dan pimpinan lembaga. Dalam hal ini, pemerintah ingin aparatur sipil negara (ASN) menjadi garda terdepan dalam meningkatkan wawasan kebangsaan di masyarakat.

Fachrul Razi menegaskan, NU dan Muhammadiyah tidak perlu ‘digandeng’ lagi, sudah jelas NU dan Muhammadiyah sudah mempunyai misi yang sama dengan pemerintah dalam memerangi radikalisme.

“Kalau ASN banyak sekali poinnya, jangankan dia menyebarkan kebencian terhadap Pancasila, menanggapi postingan yang berbau ujaran kebencian dan memberikan kode jempol saja menunjukkan dia mempunyai potensi,” tegasnya.

Untuk contoh permasalahan tersebut, Fachrul Razi akan mengambil tindakan tegas. ASN yang mempunyai potensi mengarah ke radikalisme, akan dipanggil dan dilakukan pembinaan. “Kalau tidak bisa dibina ya nanti akan dijatuhkan sanksi. Sanksinya apa, nanti tergantung dengan kesalahannya. Kalau terlalu tinggi ya mungkin masuk ke jalur hukum,” katanya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date