Kunjungan ke Blitar, Mentan: Target 0% Impor Gula Tahun 2025

Blitar, koranmemo.com РMenteri Pertanian, Amran Sulaiman, optimis swasembada gula tidak lama lagi bisa tercapai. Bahkan, dia optimis 2025 bisa 0 persen impor gula, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun gula rafinasi untuk perusahaan Рperusahaan.

“Selama lima tahun Kepemimpinan Pak Jokowi kita sudah membangun 10 Pabrik Gula Baru. Delapan sudah beroperasi, tinggal dua yang kemungkinan akan kami resmikan akhir tahun ini. Tidak lama lagi kita akan bisa swasembada gula sendiri,” ujar Amran saat mengunjungi Pabrik Gula (PG) Rejoso Manis Indo (RMI) di Blitar, Rabu (9/10).

Kini, produksi gula mencapai 3,5 juta ton per tahun dari pabrik gula yang baru berdiri tersebut. Amran mengatakan, semua pabrik baru itu bukan pabrik refeneri yang menerima gula dari impor, namun pabrik gula berbasis tebu.

“Semuanya berbasis tebu, bukan refeneri. Seperti PG RMI ini giling tebu sendiri karena target kami adalah mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Amran optimis, target 0 persen impor gula bisa terpenuhi pada tahun 2025. Memenuhi itu, pihaknya akan menambah sebanyak 10 sampai 15 pabrik gula lagi khusus untuk rafinasi.

“Saat ini kita masih impor karena memenuhi kebutuhan perusahaan – perusahaan makanan dan minuman itu. Tapi, jika ini konsisten 10 sampai 15 pabrik gula baru bisa kita tambah lagi bukan tidak mungkin target 0 persen impor gula itu bisa terpenuhi,” tandas Amran.

Reporter Zayyin multazam sukri
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date