Kuliner Tradisional Kediri yang Semakin Terkenal

Kediri, koranmemo.com – Wisata kuliner bisa dibilang sebagai salah satu hobi yang paling terkenal saat ini. Dengan mencoba beragam sajian tradisional dari berbagai daerah, bisa tahu bagaimana adat dan budaya masyarakat lokal di sana. Untuk itu, rasanya sayang sekali kalau berkunjung ke sebuah tempat, tidak menyempatkan diri untuk berkeliling wisata kuliner.

Apalagi ketika mampir Kediri? Sangat disayangkan kalau tidak sempat mengenyam kuliner tradisionalnya. Banyak kuliner tradisional di Kediri yang bisa dinikmati bahkan ditanggung tidak akan mengecewakan lidah. Berikut beberapa kuliner di Kota Kediri yang bisa dinikmati:

1. Nasi Tumpang

Tumpang atau juga biasa disebut sambal Tumpang, adalah salah satu makanan khas Kediri. Penyajiannya tak jauh beda dengan nasi pecel. Anda akan menemukan aneka sayur-mayur di dalamnya, yang kemudian dilengkapi dengan peyek kacang atau udang.

Untuk membuat sambal Tumpang, hanya perlu menyediakan tempe yang sudah busuk. Warga lokal biasanya menyebut tempe bosok. Tempat tersebut lantas dihancurkan dan dimasak dengan aneka bumbu seperti cabai, bawang, garam, dan rempah lainnya.

2. Aneka Olahan Bekicot

Bekicot ini merupakan khasnya Kediri. Mungkin tidak semua orang menyukai menu yang satu ini. Namun, aneka olahan bekicot atau lebih akrab disebut 02 ini telah menjadi makanan tradisional yang digemari banyak orang, khususnya di Jawa Timur. Dan Kediri menjadi salah satu sentra pengolahan berbagai panganan khas bekicot.

Sate 02 menjadi salah satu kuliner olahan bekicot yang cukup disukai di Kediri. Sentra pembuatan sate bekicot bisa ditemui di Desa Djengkol, Plosoklaten, Kediri. Selain sate, Anda juga bisa menemukan olahan bekicot lainnya seperti keripik. (adv)

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date