Kukuhan Arumi Bachsin Bunda Paud

Kokohkan Desa Sebagai Pilot Project Generasi Emas

Trenggalek, Memo – Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak, M, Sc mengukuhkan Arumi Bacshin sebagai Bunda Paud di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Kamis (19/5). Pengukuhan ditandai dengan memasangkan pin dan selempang kepada Ketua Paud (Pendidikan Anak Usia Dini).

Emil Elestianto didampingi Dirjen PAUD DIKMAS RI Ir. Harris Iskandar, P. Hd serta Direktur Pelayanan Dasar  pada Dirjen Pembangunan dan Pemberdayan Masyarakat Desa PDT Dr. Hannibal Hamidi, M. Kes (Rudy/Memo)
Emil Elestianto didampingi Dirjen PAUD DIKMAS RI Ir. Harris Iskandar, P. Hd serta Direktur Pelayanan Dasar pada Dirjen Pembangunan dan Pemberdayan Masyarakat Desa PDT Dr. Hannibal Hamidi, M. Kes (Rudy/Memo)

Pengukuhan ini demi terwujudnya generasi berkualitas di masa mendatang, dengan mengedepankan PAUD sebagai salah satu upaya Pemkab Trenggalek dalam memperhatikan masa keemasan anak mulai 0-5 tahun.

Dihadiri Dirjen PAUD DIKMAS RI, Ir. Harris Iskandar, P. Hd serta Dirjen Pembangunan dan Pemberdayan Masyarakat Desa, PDT RI Prof. Ahmad Erani Yustika, M. Sc, P. Hd yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Dasar Dr. Hannibal Hamidi, M. Kes. Beserta seluruh jajaran Forkopimda, SKPD, TNI, Polri, DPRD.

Dalam sambutannya, Harris Iskandar menyampaikan, peran dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk membebaskan anak dari trend budaya yang tidak mendidik dan mengabaikan nilai-nilai agama dan budaya. Terlebih lagi bimbingan  serta kasih sayang orangtua menjadi penting dalam peran tersebut.

“ Disamping peranan dari orangtua, peranan kelembagaan pendidikan sangat penting pula dalam memberikan fungsi bimbingan moral pada anak, karena dunia pendidikan mempunyai mandat luhur dari para orangtua untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak didiknya,” ujarnya.

Kemudian Hannibal Hamidi juga menghimbau, pemerintah terus berupaya meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) PAUD serta meningkatkan kualitas layanan setiap lembaga pendidikan dengan berbagai kebijakan serta strategi yang dijalankan.

“ Bahwa anak usia 0-5 tahun merupakan masa perkembangan anak oleh karena itu stimulasi dini yang berkualitas mutlak dilakukan oleh setiap anak,” tuturnya

Selain itu Bupati Emil Elestianto dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk memberikan bimbingan dan mengarahkan anak menuju kedewasaan memberi jalan yang tepat sesuai dengan norma dan agama serta aturan yang benar agar anak tersebut tidak terjerumus kejalan yang dilarang agama dan tidak sesuai dengan norma yang baik.

“ Pendidikan PAUD pada hakekatnya seperti pondasi batu dalam sebuah bangunan keilmuan dan kepribadian anak dimasa-masa yang akan datang. Kedepan kita akan perhatikan dan tingkatkan kualitas bantuan bagi para pendidik dengan komitmen pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, ” tangkasnya

Acara terakhir penyerahan bantuan kepada 5 gugus dan 15 PAUD dari Kecamatan Trenggalek, Pule, Durenan, Karangan, dan Tugu. Ini guna meningkatkan kinerja dan pelayanan pendidikan yang berkualitas sehingga 15 tahun kedepan bisa menciptakan generasi penerus yang bisa dibanggakan. (Rud/Haz)

Follow Untuk Berita Up to Date