Krisis Kepercayaan Pemerintahan Lam, Massa Demo di Hong Kong Memanas

Hong Kong, koranmemo.com – Kerumunan memenuhi taman kota di Hong Kong pada Selasa sore (3/9) dalam sebuah demonstrasi terbaru. Ketegangan memuncak pada malam hari ketika kelompok kecil dari pengunjuk terjadi aksi kejar-mengejar dengan aparat kepolisian.

Terdapat video polisi yang mengejar dan menangani seorang remaja di stasiun kereta bawah tanah Prince Edward tepat sebelum tengah malam pada hari Selasa lalu (3/9) yang dibagikan secara luas oleh para aktivis oposisi. Seperti dilansir CNA, remaja tersebut tampak kejang dan pingsan setelah enam petugas menaklukkannya di hadapan orang yang sedang memotret dan juga merekam peristiwa tersebut sebelum akhirnya remaja tersebut dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa tersebut sangat berbeda dengan pernyataan pemimpin Hong Kong Carrie Lam yang menyatakan bahwa dirinya tidak memiliki niatan untuk menurunkan militer guna meredam kericuhan massa.

Carrie Lam pun mendapatkan kometar pedas karena dirasa telah membohongi publik dan berusaha membuat simpati kepada masyarakat Hong Kong atas pernyataannya yang lalu.

Pada hari Selasa (3/9), aktivis Joshua Wong yang ditangkap pekan lalu karena aksi protes, melakukan perjalanan ke negara Taiwan untuk mendesak para pemimpin Taiwan guna menerima para pengunjuk rasa yang ingin melarikan diri.

Penerjemah: Chantika Rahmi

Editor Achmad Saichu