Krisis Air Bersih Melanda

Warga antre mendapatkan air bersih yang ditampung di embung Desa Joho Kecamatan Pace  (Muji/Memo)‪
Warga antre mendapatkan air bersih yang ditampung di embung Desa Joho Kecamatan Pace (Muji/Memo)‪

*Saluran PDAM Mati, Warga Antre Air

Nganjuk, Memo-Kekeringan berujung krisis air bersih melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Nganjuk.Seperti dialami masyarakat di Dusun Sumbermuneng Desa Macanan Kecamatan Loceret dan Dusun Dampit Desa Joho Kecamatan Pace. Warga setiap hari harus antre mengambil air dari puncak gunung yang hanya mengalir sekitar 1 jam. Kegiatan seperti ini rutin mereka lakukan setiap hari sejak dua bulan terakhir.

“Kalau musim kemarau susah, apalagi bila tidak kebagian air, kami harus kembali besok untuk mengantre ambil air di penampungan, semoga pemerintah segera mengambil tindakan dengan mendatangkan air bersih ke desa kami,” ujar Yulianah (35) warga setempat, Selasa (9/9) pagi.

Yulianah menyebut biasanya warga sekitar mendapatkan air bersih dari aliran PDAM. Namun, sudah lama saluran itu tidak teraliri air. Bahkan kini saluran itu mati total akibat kemarau panjang. “Kami harus antre secara berkelompok di beberapa titik untuk mendapatkan air yang mengalir dari gunung dan ditampung dalam sebuah embung secara swadaya,” imbuh Yuliana.

Proses pengumpulan air itu membutuhkan waktu yang lama. Diperlukan waktu satu hari satu malam baru bisa memenuhi embung. Selanjutnya pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB, air tersebut baru bisa dialirkan ke kampung dan menjadi rebutan warga. Karena aliran air yang tidak pasti, membuat warga antre lama dan kadang ada yang tidak mendapatkan bagian.

Akibatnya, mereka harus kembali mengantre untuk mendapatkan jatah air keesokan harinya. “Kalau tidak sabar ya harus mencari sendiri air ke dasar jurang di dalam hutan sejauh satu kilometer, jalanya terjal berliku dan naik turun,” timpal Rianah warga yang ikut antre air.

Sementara diperoleh informasi, sekitar pukul 13.00 WIB sebuah truk tangki bermuatan air bersih dari PDAM meluncur ke Dusun Sumbermuneng Desa Macanan Kecamatan Loceret. Droping dilakukan untuk memenuhi kebutuhanair bersih warga. (jie)