KPU Pinjamkan Logistik untuk Pilkades

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mulai mendapat surat peminjaman logistik dari perangkat desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada akhir Oktober nanti. Pihak desa meminjam logistik seperti bilik pencoblosan dan kotak surat suara yang terbuat dari aluminium, karena logistik masih dalam tahap lelang.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi SDM dan Parmas, Nanang Qosim mengatakan, dalam semingu terakhir sudah ada pihak desa mengirim surat permohonan pinjam logistik kepada KPU Kabupaten Kediri. “Kalau surat yang sudah masuk sekitar 20 lebih, sementara ini yang paling banyak dari Kecamatan Mojo sebenyak 4 desa,” jelasnya, Kamis (26/9).

Untuk meminjam logistik kepada KPU, desa harus membuat surat permohonan dan pernyataan tanggung jawab mengembalikan. “Karena logistik itu adalah aset negara, jadi desa wajib untuk menjaga kondisi bilik dan kotak suara. KPU Kabupaten Kediri juga sudah mendapat surat izin pelelangan dari Dirjen KPU RI, maka jadwal lelang akan dilakukan setelah Pilkades,” tuturnya.

Menurut Nanang, desa tidak perlu mengeluarkan biaya jika ingin meminjam logistik KPU, tapi biaya angkut (pulang-pergi) dan perakitan ditanggung oleh desa. “Mengapa ada biaya perakitan? Karena logistik saat ini dalam kondisi dibongkar (dilipat) dan harus dirakit kembali jika ingin digunakan. Sementara ini logistik masih berada di gudang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri,” jelas Nanang.

Selain mempersiapkan dan menghitung keperluan logistik, lanjutnya, KPU masih melakukan koordinasi mengenai proses pengambilan logistik. Apakah pihak desa mengambil logistik dari gudang, atau KPU mempersiapkan logistik di Kantor KPU.

Nanang menjelaskan, logistik yang dipinjamkan tidak termasuk alat untuk mencoblos surat suara, karena untuk ATK pengadaannya sudah dihapus. “Kami sebatas memfasilitasi untuk peminjaman bilik dan kotak suara, untuk ATK sudah dihapus. Karena ada pergantian bilik dan kotak suara dari aluminum dirubah dari bahan dasar kardus,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date