KPU Kabupaten Kediri, Peran Perempuan Sangat Penting Dalam Pilkada

Kediri, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kediri 2020, khususnya peran perempuan. KPU Kabupaten Kediri menggelar sosialisasi peran perempuan dalam Pilkada 2020, Jumat (9/10)

Seminar yang digelar di salah satu hotel di Kecamatan Pare tersebut bertindak sebagai Dian Ferricha, Praktisi Hukum dan Akademis. Selain itu juga seminar juga diisi oleh KPU, Nuning Rodiyah.

Dian mengungkapkan, perempuan harus disadarkan perannya dalam Pilkada. Hal ini karena perempuan masih dianggap sebagai subjek bahkan masih dinilai kaum lemah. Padahal, di Kabupaten Kediri sendiri peran perempuan sangat besar.

“Peran perempuan di Kediri ini sangatlah kuat. Kita ambil contoh, Ketua KPU, Bawaslu Kabupaten Kediri adalah perempuan. Bupatinya juga perempuan, jadi peran perempuan sangat diperlukan,” ungkap Dian saat menyampaikan materi.

Baca Juga: KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Desain Surat Suara Pilbup 2020

Dian mengungkapkan perempuan sebagai madrasah dan tiang negara. Di rumah, peran perempuan juga sangat besar terlebih lagi untuk memberikan arahan kepada anak. Jadi, perempuan dapat menjadi kepanjangan tangan untuk menyampaikan informasi.

Selain itu, lanjutnya, populasi perempuan juga lebih besar jika dibandingkan laki-laki. Seharusnya, untuk mengakses informasi, sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan sistematis serta terorganisir.

Baca Juga: KPU Kabupaten Kediri Temukan Data Pemilih Ganda

“Perempuan harus saling mendukung. Jangan hanya melakukan partisipasi pasif, tapi juga partisipasi aktif,” ungkap Dian.

Sementara itu komisioner KPU Divisi Sosdiklih, Nanang Qosim mengungkapkan sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan peran perempuan dalam Pilkada Kediri 2020. Perempuan diminta aktif dan mempergunakan hak suaranya.

Reporter: Nuramid Hasjim

Editor: Della Cahaya