KPU Kabupaten Kediri akan Evaluasi RAB Pilkada Rp 59 M

Kediri, koranmemo.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri segera melakukan evaluasi terkait rencana anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan. Sebesar Rp 59 milliar rencana anggaran yang telah dibuat pengurus  periode sebelumnya dianggap ada beberapa penyesuaian.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sumarni mengatakan, rencana anggaran biaya (RAB) untuk Pilkada 2020 sudah dirancang oleh komisioner sebelumnya yakni sebesar Rp 59 miliar. Namun RAB tersebut akan dilakukan evaluasi kembali bersama anggota komisioner KPU yang baru guna mengetahui terdapat kekurangan atau tidak.

“Itu masih rancangan yang dibuat tahun lalu. Nanti akan kita evaluasi lagi bersama komisioner lainnya dan sekretaris KPU. Ini masih fokus persiapan penetapan anggota legislatif terpilih dulu,” ujarnya saat ditemui di ruangan KPU Kabupaten Kediri, Selasa (2/7).

Ninik menambahkan, pihaknya masih menunggu peraturan KPU terkait pelaksanaan Pilkada. Pada peraturan itulah yang nantinya akan diketahui kebutuhan untuk pelaksanaan Pilkada. Berbeda dengan Pemilu, Pilkada semua anggaran ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Karena masih tahap awal, RAB ini masih berupa draft yang berisi gambaran alokasi pendapatan anggaran dan pengeluaran. Draft RAB ini masih mengalami perubahan seiring pembahasan antara KPU dengan Pemda mengingat mekanisme pembiayaan Pilkada bersumber dari APBD. Masih kemungkinannya berubah,” tandasnya.

Penyusunan RAB tersebut nantinya akan sangat tergantung dengan kebutuhan biaya Pilkada di masing-masing daerah. Misalnya untuk kebutuhan biaya teknis berkaitan dengan proses pemungutan suara di TPS sampai beberapa komponen yang lebih detail lagi seperti jumlah honor panitia pelaksana. Dasar yang dipakai untuk penghitungan honor ini bisa dari pengalaman Pilkada sebelumnya.

Sementara itu, tahapan Pilkada di Kabupaten Kediri akan dimulai pada September 2019 atau 12 bulan sebelum pencoblosan. Waktu panjang tersebut akan digunakan mulai dari pendataan calon pemilih, pendaftaran bakal calon, hingga sosialisasi pemilihan.

ReporterZayyin multazam s
Editor Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date