KPK Datangi Pemkab Trenggalek, Ini Komentar Bupati Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) menggelar sosialisasi pengendalian gratifikasi di lingkup Pemkab Trenggalek, Kamis (29/11). Pasalnya gratifikasi secara langsung maupun tidak langsung menjadi salah satu fokus utama karena rawan terjadi di lingkup pemerintah. Kondisi ini terlihat dari beberapa kasus yang pernah membelit sejumlah pejabat maupun kepala daerah yang belakangan kerap mewarnai pemberitaan.

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengatakan, pemahaman terkait dengan gratifikasi sangat penting untuk mencegah adanya praktik korupsi seperti yang  membelit sejumlah pejabat pemerintah di berbagai daerah. Banyaknya kalangan yang terjerat kasus tersebut dapat dimungkinkan karena kurangnya pemahaman akan gratifikasi. “Tidak semua pemberian kepada pejabat Pemerintah atau penyelenggara negara itu gratifikasi,” ujarnya.

Dengan adanya sosialisasi seperti ini, Emil berharap para pejabat khususnya di lingkup Pemkab Trenggalek menjadi lebih memahami apa saja tindakan yang dikategorikan masuk dalam kategori gratifikasi. “Dengan sosialisasi dari Deputi Pencegahan KPK ini kita harapkan ada pemahaman yang tepat dari pejabat dan penyelenggara Negara, sehingga dapat terhindar dari jeratan kasus gratifikasi ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama dengan instansi vertikal lainnya terhadap upaya pencegahan gratifikasi di Trenggalek, dalam kegiatan ini pula sekaligus dilaksanakan penandatanganan komitmen pengendalian gratifikasi oleh Pimpinan Daerah terkait pengendalian gratifikasi Perangkat Daerah, pengendalian gratifikasi asosiasi penyedia barang dan jasa di Kabupaten Trenggalek.

Penandatanganan komitmen pengendalian gratifikasi di Kabupaten Trenggalek tersebut disaksikan oleh perwakilan Deputi Pencegahan KPK, Andhina Rizkyta Putri selaku Spesialis Muda Direktorat Gratifikasi dan Yolanda Angelina Setiawati selaku Spesialis Muda Direktorat Gratifikasi.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date