Kota Sehat Tingkat Nasional 2019, Siapkan 6 Tatanan Verifikasi Kota Sehat

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Setelah melalui verifikasi Kota Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur 2018 lalu, saat ini Kota Kediri kembali mempersiapkan diri untuk verifikasi tingkat nasional 2019. Persiapan ini dilakukan dengan melakukan rapat koordinasi (rakor) bersama Forum Komunikasi Kota Sehat (FKKS) di Ruang Joyoboyo Balai Pemerintahan Kota Kediri, Selasa (12/2).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Apip Permana mengatakan rakor ini membahas apa saja yang dipersiapkan untuk melalui verifikasi Kota Sehat 2019. Berkaca dari verifikasi sebelumnya, dalam rakor ini Tim FKKS Kota Kediri melakukan perbaikan beberapa element yang masih kurang dan harus diperbaiki.

Untuk kekurangan seperti proses administrasi pencatatan kegiatan pada proses pelayanan kesehatan yang diadakan warga seperti posyandu, sudah mulai dimaksimalkan setelah evaluasi pada verifikasi tingkat provinsi. Dan tahun ini FKKS Kota Kediri tinggal menjaga dan terus menjalankan apa yang sudah diperbaiki dari evaluasi tersebut.

“Di sana juga membahas koordinasi antara kelurahan dan kecamatan di Kota Kediri untuk menyusun SK Forum Komunikasi (Forkom). Persiapan ini disusun untuk verifikasi Kota Sehat dengan penghargaan Swastisaba Wistara 2019,” tukasnya.

Di dalam SK Forkom tersebut, ada 6 tatanan yang akan diverifikasi oleh tim verifikasi Kota Sehat 2019. 6 tataan tersebut diantaranya adalah, Tatanan Lingkungan Sarana Prasarana Kesehatan, Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi, Tatanan Sehat Mandiri, Tatanan Sosial Sehat, Industri dan Perkantoran Sehat, serta Tatanan Lalulintas dan Pelayanan Transportasi. Diharapkan dengan memaksimalkan 6 tatanan Kota Sehat ini, Kota Kediri bisa meraih Swastisaba Wistara tahun 2019.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya