Kota Malang Siap Terima Vaksin Covid-19, Dinkes: Tinggal Tunggu Juknis

Malang, koranmemo.com – Pendataan Tenaga Kesehatan (Nakes) Kota Malang terkait penerimaan vaksin Covid-19 saat ini telah rampung. Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni, mengaku sudah mempersiapkan proses pendistribusian vaksin Covid-19 kepada prioritas penerima vaksin, Kamis (12/11).

“Sudah kita siapkan, sehingga nanti ketika sudah ada petunjuk teknisnya (Juknis), siapa yang menjadi prioritas dari pelaksanaan vaksinasi itu kita sudah menyiapkan itu,” ujar Sri Winarni

Menurutnya, penganggaran proses distribusi vaksinasi nantinya akan menggunakan anggaran Bahan Tambahan Pangan (BTP). Proses pendataan nakes pun saat ini sudah selesai tinggal melengkapi beberapa data pelengkap.

“Datanya sudah selesai. Untuk prioritasnya, pusat yang menentukan. Kita masih menunggu juknisnya. Informasi terakhir pertama adalah nakes, kedua kepada aparat atau penyelenggara pelayanan publik. Tapi juknisnya belum keluar jadi kita masih menunggu itu,” tuturnya.

Lanjutnya, kebijakan tentang vaksinasi tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.99/2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penaggulangan Pandemi Covid-19.

“Nanti akan dilihat jumlah kasusnya per Provinsi bagaimana, sehingga nanti ada urutan provinsi mana yang akan menjadi prioritas. Kemungkinan berdasarkan jumlah kasus dan lain sebagainya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif menambahkan, pendataan nakes di Kota Malang tidak hanya terkait jumlah nakes, namun juga perlengkapan vaksinasi juga.

“Selain pendataan sasaran itu, juga pendataan lainnya. Artinya lainnya itu kebutuhan pada saat vaksinasi seperti alat suntik, bahan habis pakai lainnya, alat pelindung diri yang dipakai vaksinator nantinya, kemudian berapa pos nanti yang ada. Itu juga menjadi pendataan karena itu nanti untuk menyertai kegiatan vaksinasi nantinya,” tuturnya.

Husnul yang juga sebagai Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang menambahkan, keseluruhan pendataan jumlah nakes maupun perlengkapan vaksinasi ditargetkan akan rampung awal Desember 2020. Selain itu, pendistribusian vaksin Covid-19 nantinya akan menyesuaikan peraturan dari Pemerintah Pusat.

“Siapa yang menjadi prioritas kita ikut dalam regulasi di Perpres. Prioritas pendistribusiannya nanti tidak akan berbeda dari Perpres,” ujarnya. (c3)

Reporter: Mokhammad Sholeh
Editor: Della Cahaya