Korupsi Sampah, Dua Pejabat DLH Jadi Tersangka

Share this :

Madiun, koranmemo.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) menetapkan dua pejabat di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Madiun, sebagai tersangka kasus pengelolaan dana sampah tahun 2017 senilai Rp 2 miliar.

Penetapan kedua tersangka berinisial BB dan SP, setelah penyidik memeriksa lebih dari 20 saksi.

“Kita tetapkan sebagai tersangka karena diduga telah melakukan dugaan tindak pidana korupsi atas dana pengelolaan dan operasional sampah di tempat pembuangan akhir kaliabu tahun 2017,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Mejayan, Bayu Novrian Dinata.

Hasil penyelidikan, jelasnya, penyidik menemukan adanya kejanggalan dalam paket kegiatan di kantor Dinas LH tahun 2017. Dimana adanya pekerjaan yang tidak dikerjakan sesuai perencanaannya. Seperti beberapa paket pekerjaan yang seharusnya melalui proses lelang tapi pada praktiknya tidak melalui lelang.

Dia menyebutkan kerugian negara dalam kasus ini mencapai ratusan juta rupiah. Hanya saja, untuk kepastian jumlah kerugian negara, tim penyidik akan meminta bantuan BPKP Jatim menghitungnya.

Kedua tersangka dijerat dengan pasal Undang Undang  tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Namun tersangka tidak dilakukan penahanan

Ditambahkan, pemeriksaan terhadap tersangka akan dilakukan pekan depan .

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu