Korupsi di PDAU: 10 OPD Penuhi Panggilan Kejari , 2 Mangkir

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Sebanyak sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penuhi panggilan Kejaksaan Negeri Sidoarjo. Sementara dua OPD lainnya, yakni Kepala Dinas Kesehatan, Ika Harnasti, Dinas Luar (DL) dan Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Mustain Baladan mangkir dari pemeriksaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Sunarto mengungkapkan mereka memenuhi panggilan untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Untuk dua OPD yang mangkir akan dilakukan pemanggilan kedua.

“Dari beberapa kepala dinas dan kepala bagian, hanya 10 saksi yang datang. Enggak apa-apa. Nanti kami lakukan pemanggilan kedua,” kata Sunarto, Kamis, (20/07)

Mereka diantaranya, Kepala Dinas Pasar, Dian Wahyuningsih, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Media Yulianto, Kabag Hukum, Heri Soesanto, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Djoko Supriyadi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana, Ali Imron, Dinas Sosial, Puguh Purnomo, dan Kabag Kerjasama, Ari Suryono.

Penyidik, lanjut Kajari, hanya meminta keterangan terhadap kepala dinas dan kepala bagian yang berkaitan dengan bidang Grafika (percetakan) milik PDAU Sidoarjo. Dikarenakan, para kepala dinas dan kepala bagian mencetak segala surat – surat keperluan kantor di PDAU.

“Diduga, ada sejumlah aliran dana (fee back) yang mengalir ke sejumlah dinas yang tidak jelas peruntukannya,” terang Sunarto.

Memang, jumlahnya tidak terlalu besar dan bervariasi hanya puluhan juta rupiah di setiap kantor Dinas. Namun demikian penyidik ingin mengetahui apakah keterangan yang disampaikan saksi itu sesuai dengan alat bukti yang dimiliki penyidik. “Sampai saat ini pemeriksaan masih berlangsung.

Dikatakannya, bagi para saksi yang sedang diperiksa agar memberikan keterangan terus terang apa adanya dan juga pihaknya berharap kepada pihak terkait agar segera mengembalikan uang negara tersebut. “Kita tunggu saja perkembangannya terkait kecurangan Perusahaan Daerah Aneka Usaha ini,” imbuh mantan Kejari Jombang tersebut.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.