Koordinator Bansos Pemprov Dijebloskan Penjara

Sidoarjo, koranmemo.com –  Dua orang yang disebut-sebut koordinator penerimaan dana bantuan social (bansos) diperiksa Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Selasa (24/1). Mereka diperiksa bersamaan dengan lebih dari 30 saksi termasuk beberapa kepala desa (kades), kelompok masyarakat (pokmas), dan juga dari pemprov yang sama-sama berstatus sebagai saksi untuk dilkonfrontir.

Kedua koordinator bansos 2013 itu adalah drg Anang Suhari yang juga mantan Kades Kepatihan Kecamatan Tulangan dan Sugianto alias Sugik. Pada pemeriksaan sebelumnya, Kamis (19/1) lalu mereka mangkir dan dihadirkan kembali untuk diperiksa. “Ada dua koordinator dan beberapa kades yang diperiksa hari ini. Keterangan mereka akan kami konfrontir untuk menguatkan bukti-bukti,” ucap Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, M Sunarto.

Menurut Kajari, keduanya disebut-sebut sebagai koordinator penerimaan dana bantuan sosial dari provinsi pada 2013 untuk kelompok masyarakat (pokmas). Mereka ditengarai “menyunat” dana bansos hingga mencapai Rp 2 miliar. Sementara untuk 15 kades yang diperiksa kemarin merupakan pemeriksaan lanjutan dari pemeriksaan sebelumnya. “Terpaksa kita konfrontir, untuk mempercepat proses penyidikan,” tegasnya.

Setelah menjalani pemeriksaan tujuh jam lebih, drg Anang Suhari akhirnya dijebloskan ke Lapas Klas IIA Sidoarjo. “Awalnya kami panggil sebagai saksi. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, kita naikkan statusnya menjadi tersangka,” ujar Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Adi Harsanto, Selasa (24/1). “Setelah pencairan, tersangka sengaja memotong dana bansos tersebut kepada masing-masing desa. Total ada 32 desa yang mendapat dana bansos tersebut. Hanya saja yang bermasalah sekitar 25-an,” imbuh Adi.

Anang digelandang ke lapas tadi malam. Tak ada komentar dari Anang. Dia hanya tertunduk sembari menutupi wajah dalam pengawalan petugas. Dalam kasus ini, tersangka Anang dijerat dengan Pasal 2, Pasal 3, Pasal 11, dan Pasal 12 e, UU tindak pidana korupsi.(ian/mad)

Follow Untuk Berita Up to Date