Kondisi Mahasiswa di Natuna Kondusif

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Mahasiswa dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Wuhan, Tiongkok, sementara ini masih berada di Natuna, Kepulauan Riau. Namun, pihak keluarga mahasiswa asal Kota Kediri, lebih tenang meskipun alat komunikasi mahasiswa dan WNI masih dikumpulkan.

Salah satu orang tua mahasiswa asal Kota Kediri, Agus Subagio (42) mengatakan, dia mendapat informasi mengenai kondisi di Natuna. Informasi tersebut cukup menggembirakan, mengingat anak pertamanya belum diperbolehkan pulang ke Kota Kediri. “Alhamdulillah, kondisi di sana (Natuna) kondusif, kami merasa lebih bersemangat,” ujarnya, Kamis (6/2).

Sebelumnya, setelah tiba di Indonesia, mahasiswa dan WNI dari Tiongkok, mereka mengikuti karantina di Natuna. Bahkan, dalam beberapa hari ke depan, mereka belum bisa menggunakan alat komunikasi yang mereka miliki. Karena, ada arahan dari petugas karantina untuk mengumpulkan sementara waktu alat komunikasi sehingga mereka fokus menjalani kegiatan dan prosedur karantina.

Meskipun menjalani masa karantina, Agus juga mendapat informasi yang menggembirakan. “Selain kondisi yang kondusif, saya mendapat kabar jika mereka yang ada di Natuna, termasuk anak saya, dalam kondisi yang sehat. Semoga proses karantina bisa lebih cepat dan bisa kembali ke rumah masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, saat pihak Koranmemo.com mencoba untuk menghubungi pihak Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Wuhan, dalam kurun waktu dua hari terakhir belum mendapat tanggapan. Bahkan, beberapa akun resmi juga berhenti mengupdate kabar terkini maupun kegiatan mahasiswa.

Perlu diketahui, pihak karantina juga melibatkan perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, dan pihak TNI. Diharapkan, dengan adanya peraturan tersebut, proses karantina bisa berjalan lancar sehingga lebih cepat dilakukan.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya