Kondisi Bayi Dalam Kardus di Area Persawahan Durenan Trenggalek Mulai Membaik

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Kondisi kesehatan bayi malang yang diduga dibuang oleh kedua orang tuanya di areal persawahan di Jalan Baru Dusun Payaman Desa/Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek berangsur-angsur mulai membaik. Saat ini bayi malang berjenis kelamin laki-laki ini tengah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Dokter Soedomo Kabupaten Trenggalek.

Saat ditemukan, bayi laki-laki dengan berat 2,3 kilogram (kg) dan panjang 50 centimeter (cm) dalam kondisi yang memprihatinkan. Pasalnya saat ditemukan kondisi bayi dalam keadaan kedinginan. Diduga bayi dibuang oleh orang tuanya sebelum matahari terbit. Kesehatan bayi mulai sedikit membaik setelah menjalani perawatan di Puskesmas Durenan sebelum akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Dokter Soedomo Trenggalek.

“Kondisi bayi dalam keadaan sehat. Setelah mendapatkan perawatan puskesmas, kemudian dievakuasi ke rumah sakit umum. Tadi kami mendapatkan penjelasan dari dokter, Alhamdulillah kondisinya sehat,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S saat menjenguk kondisi kesehatan bayi di Rumah Sakit Dokter Soedomo Trenggalek, Jumat (18/1).

Senada diungkapkan oleh Dokter Risa Maulina, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Dokter Soedomo Trenggalek. Dia menyebutkan jika kondisi kesehatan bayi saat ini cenderung membaik ketimbang pasca ditemukan di area persawahan di wilayah Kecamatan Durenan sekitar pukul 08.30 WIB.

“Kondisi kesehatannya sudah mulai membaik, saat ini masih proses penormalan. Saat itu ketika dibawa kesini kondisinya melemah, karena kedinginan,” ujarnya kepada awak media saat ditemui usai memberikan perawatan medis kepada bayi malang itu. Saat ini bayi malang dirawat di Ruang Matahari atau ruang khusus perawatan bayi.

Berdasarkan hasil analisa, diduga bayi laki-laki itu lahir secara prematur. Kondisi ini terlihat berdasarkan analisa ciri-ciri fisik bayi tersebut. Untuk memastikan kondisi bayi sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan petugas melakukan pemeriksaan secara menyeluruh termasuk pemeriksaan HIV dan Hepatitis.

Baca juga : Heboh, Dikira Suara Kucing Ternyata Bayi Dalam Kardus

“Kondisinya ini bayi laki-laki, ditemukan hari ini. Lahirnya prematur dilihat dari tanda-tanda berat badannya juga kurang, kurang dari 2500 gram. Sementara ini kita stabilkan dulu kondisinya sambil menunggu hasil pemeriksaan lainnya.
Kita cek juga pemeriksaan HIV dengan Hepatitis juga,” kata dr Risa Maulina, spesialis anak di RSUD Dokter Soedomo Trenggalek.

Untuk diketahui, sebelumnya warga Desa/Kecamatan Durenan, khususnya yang tinggal di Dusun Payaman mendadak heboh. Pasalnya mereka dikejutkan dengan kabar temuan bayi dalam kardus beserta ari-arinya. Bahkan hebohnya penemuan itu merambah hingga ke media sosial. Banyak warganet yang mengunggah video maupun foto bayi malang tersebut.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu