Komplotan Pencuri Mesin Diesel dari Lamongan Diringkus

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Empat orang anggota sindikat pencurian mesin diesel digulung Satreskrim Polres Nganjuk. Keempat orang ini diduga telah menggarong puluhan mesin diesel di beberapa TKP wilayah hukum Polres Nganjuk.

Tiga dari empat pelaku di antaranya berasal dari Kabupaten Lamongan, yakni Su (38) warga Desa Kanoman Kecamatan Wonokromo, Ed (26) warga Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng dan Dul (35) warga Desa Bambang Kecamatan Turi. Satu pelaku lainnya, San (31) warga Desa Suru Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk.

“Dari puluhan barang bukti yang ada di mapolres, dua di antaranya milik Kamto (50) dan Mardi (55) petani asal Dusun Teleng Desa Girirejo Kecamatan Bagor,” kata AKP Moh. Sudarman Kasubbag Humas Polres Nganjuk, Kamis (4/4/2019).

Dua mesin diesel tersebut, lanjut Sudarman, diketahui hilang pada Senin (18/3/2019) sekitar pukul 06.00 WIB. Awalnya, Kamto saat ke sawah melihat seng penutup dieselnya tergeletak di pematang sawah. Saat dicek, ternyata diesel Kubota 8 PK miliknya telah raib.

“Di saat bersamaan, mesin diesel traktor 10 PK Kubota Quick milik Mardi juga raib saat berada di sawah bengkok milik Kadi. Akhirnya keduanya melapor ke Polsek Bagor,” jelasnya.

Selain wilayah hukum Polsek Bagor, lanjut Sudarman beberapa hari belakangan selama bulan Maret, banyak terjadi tindak pidana pencurian mesin diesel di wilayah lainnya. Rata-rata diesel yang digarong pencuri adalah yang berada di sawah, lantaran untuk pengairan dan mesin traktor.

Sudarman menambahkan, berdasarkan laporan terkait maraknya pencurian diesel, Satreskrim Polres Nganjuk bersama unit reskrim polsek jajaran melakukan penyelidikan. Hasilnya, dapat diketahui identitas terduga pencurinya.

“Keempat terduga pencuri diesel telah kita amankan dan terus kita kembangkan kasusnya. Mereka mengaku telah mencuri mesin diesel di beberapa TKP wilayah Kabupaten Nganjuk. Lebih jelasnya nunggu rilis saja,” tukasnya.

Reporter : Muji Hartono
Editor      : Achmad Saichu