Komisi IV DPRD Trenggalek Dorong OPD Untuk Memaksimalkan Program Kerja Dalam RAPBD 2020

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Komisi IV DPRD Trenggalek menggelar rapat bersama OPD Mitra terkait pembahasan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) dalam RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). Acara ini digelar di Aula gedung DPRD Trenggalek, Selasa (15/9).

Ketua Komisi IV, Mugianto menjelaskan, dalam pembahasan KUA – PPAS untuk menjadi RAPBD perlu adanya penyelarasan. Jadi ada kesinambungan, mengingat akan segera di paripurnakan pada Minggu (27/9).

Mugianto mengatakan, untuk KUA – PPAS, nilai nominal yang dibahas masih secara umum. Setelah sekarang memasuki RAPBD, sudah harus nilai nominalnya harus terperinci. Jadi ketika sudah disahkan tinggal pemakaian di masing – masing OPD tanpa ada kendala.

Komisi IV juga menyoroti kinerja dari Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disprinaker), terkait program kerja yang masih belum tertata.

“Selain itu kami menilai progres program yang dilakukan masih belum sesuai harapan,” imbuhnya.

Mugianto menambahkan, progres meliputi  unsur keberhasilan yang dapat diukur (output) dan tingkat pencapaian setiap unsur keberhasilan (outcome). Setiap program atau kegiatan minimal mempunyai satu unsur ukuran keberhasilan dan tingkat pencapaiannya (target kinerja) yang digunakan sebagai tolak ukur kinerja.

“Program atau kegiatan Disprinaker harus ada tolak ukur untuk keberhasilannya. Jika masyarakat mengikuti program pelatihan di Disprinaker harapannya mereka bisa punya skill untuk menghadapi dunia usaha,” pungkasnya.

Reporter : Dias Ahmad Farid

Editor      : Della Cahaya