Komisi II DPRD Trenggalek Selaraskan Penyusunan KUA – PPAS 2021 Sesuai Surat Edaran Kemendagri Nomor 50

Trenggalek, koranmemo.com – Komisi II DPRD Trenggalek membahas Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) 2021 sesuai surat edaran kemendagri nomor 50 tahun 2020, Sabtu (10/10). Bertempat di aula gedung DPRD Trenggalek, Komisi II Bersama OPD Mitra pihak melakukan sinkronisasi program yang akan dianggarkan pada tahun depan.

Ketua Komisi II DPRD Trenggalek Pranoto mengatakan, memang ada beberapa poin berubah dalam penyusunan KUA – PPAS 2021. Karena saat ini dalam masa pandemi Covid – 19 pemerintah dituntut harus menyusun kebijakan seoptimal mungkin

“Kita lebih mengutamakan program super prioritas, tentu melihat apa yang dibutuhkan Kabupaten Trenggalek saat ini,” jelasnya.

Ada beberapa poin dalam surat edaran kemendagri nomor 50 tentang pendapatan, belanja daerah. Menurutnya jika membahas pendapatan harus jelas dari mana sumbernya, untuk belanja daerah hanya ada belanja operasi, belanja modal, belanja transfer.

“Kita bersama OPD sama – sama menguatkan agar tidak terjadi kesalahan dalam penyusunan ini,” imbuhnya.

Pranoto menambahkan,dalam surat edaran terbaru ini lebih mengatur penyusunan anggaran dalam situasi mendesak. Sementara Permendagri sebelumnya lebih pada performa penggerak dalam otonomi daerah dan anggaran lebih fleksibel.

“Jadi dulu sebelum pandemi kita menyusun anggaran lebih fleksibel karena pendapatan tidak menurun. Sekarang pendapatan pusat maupun daerah juga menurun, harus cermat dalam penggunaannya,”ujarnya.

Disinggung mengenai PAD pihak legislatif sangat mengapresiasi kinerja dari Disparbud Trenggalek. Meskipun dalam masa pandemi PAD tetap bertahan tidak menurun.

“Alhamdulillah PAD dari Disparbud tidak penurunan, kita tidak menargetkan tinggi karena dalam masa pandemi semua terdampak,” pungkasnya.

Reporter : Dias Ahmad Farid

Editor : Della Cahaya