Komandan Kapal Perang AS yang Melaporkan Infeksi Virus Covid-19 Dicopot

Washington, koranmemo.com – Komandan kapal perang Amerika Serikat (AS), Kapten Brett Crozier yang melaporkan adanya infeksi virus Covid-19 di antara anggotanya dicopot oleh pemerintah AS. Jumat (3/4), Sekertaris Angkatan Laut AS, Thomas Modly mengatatakan pencopotan Crozier dikarenakan dia telah melakukan penilaian yang buruk.

Pencopotan ini terjadi dua hari setelah surat yang dikirim oleh Crozier diketahui oleh publik. Berdasarkan keterangan Modly, Crozier memang mengirim surat tersebut sesuai dengan rantai komando yang ada, tapi dia tidak menjaga informasi tersebut sehingga sampai diketahui publik.

“Saya sendiri tidak memiliki informasi tersebut, dan saya juga tidak menyarankannya untuk membocorkan informasi itu. Dia mengirimkan informasi itu secara luas dan tidak memastikan jika informasi tersebut aman, suatu hal yang menjadi bagian dari tanggung jawabnya,” ujar Modly dikutip dari Reuters.

Dengan adanya berita mengenai infeksi virus Covid-19 yang telah sampai ke kapal perang AS yang dilengkapi dengan persenjataan nuklir. Hal ini menunjukan virus Covid-19 sangat berbahaya bagi siapa saja bahkan untuk institusi militer.

Minggu lalu, Reuters sendiri memberitakan jika AS kemungkinan sedang menyimpan data yang lebih rinci terkait virus Covid-19 di jajarannya. Keputusan mencopot Crozier juga menunjukan jika pemerintah AS tidak ingin persepsi terhadap militernya menjadi buruk.

Keputusan yang dilakukan oleh angkatan laut AS ini langsung mendapat kritik dari partai oposisi AS. Senator Demokrat, Mark Warner mengatakan, seharusnya angkatan laut membutuhkan prajurit seperti Crozier. Memberi hukuman bagi Crozier adalah suatu kekeliruan, karena hal tersebut menyangkut nyawa banyak orang.

“Dia adalah prajurit yang memiliki jiwa patriot dan telah melakukan yang terbaik untuk anggotanya. Saya tidak mengerti mengapa angkatan laut menghukum prajurit seperti dia, terutama ketika banyak nyawa yang harus menjadi taruhannya,” ujar Warner.

Seiring dengan kritik yang dikatakan oleh Warner, Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden juga turut mengkritik kebijakan yang dilakukan oleh Trump. Dia mengatakan, pemerintah telah mengambil keputusan yang buruk dengan mencopot komandan kapal perang AS yang telah mencari cara untuk menangani virus Covid-19 tersebut.

Menanggapi kritikan dari partai oposisi, Presiden AS, Donald Trump mengatakan, dirinya tidak setuju sama sekali dengan anggapan Crozier telah dicopot karena mencoba menyelamatkan nyawa anggotanya. “Saya tidak setuju dengan hal tersebut sama sekali. Sepenuhnya tidak, sedikit pun tidak setuju,” ujarnya.

Crozier menulis surat yang menerangkan situasi yang tengah dihadapinya dan menginginkan aksi yang signifikan dengan mengisolasi lebih dari 4.000 anggotanya. Saat ini, kapal tersebut telah berlabuh di pangkalan laut AS yang terletak di Guam. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan kepada personel kapal perang AS tersebut, 100 personel telah terbukti positif terinfeksi virus Covid-19.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya